NDS Yang Kusesali

Posting ini dibuat untuk menumpahkan rasa penyesalan saya. Yah, sesal memang selalu datang terlambat. Tapi, sebagai seorang manusia yang berakal dan berbudi pekerti yang luhur, sepantasnya kita bisa mengambil hikmah dari apa yang telah terjadi.

Ceritanya bermula saat 2 minggu yang lalu ketika saya sedang cuti di Jogja. Pada suatu ketika, entah setan apa yang masuk ke dalam tubuh saya dan meracuni pikiran saya, tiba2 saya sudah membeli sebuah Nintendo DS Lite (NDS Lite) berwarna pink (makanya saya sebut saja dia sebagai Pinky).

Saya tersentak, jari2 tangan saya gemetar dan mengeluarkan keringat dingin ketika memegang konsol tersebut, mungkin karena saya belum siap menerima kenyataan ini….tapi nasi sudah menjadi bubur, kartu kredit sudah digesekkan. Dengan tubuh agak lunglai saya meninggalkan toko game itu sambil menggenggam konsol genggam tersebut.

Sebenarnya, sebelum membeli si Pinky ini, saya sempat berniat membeli Nintendo Wii, konsol game paling laris saat ini. Untungnya, kekasih hati saya dengan mulianya berhasil mengingatkan dan menyadarkan saya, agar tidak dulu membeli barang2 yang kurang penting. Terima kasih ya yang…

Tapi, ibarat keluar dari mulut buaya masuk ke mulut harimau (eh, apa kebalik ya?), lolos dari jebakan Nintendo Wii, saya malah terjebak untuk membeli si Pinky. Maafkan saya…

Sesampai di rumah, saya mulai membuka, menyalakan dan memainkan game2 yang ada di tubuh si Pinky. Satu menit, lima menit, limabelas menit….30 menit….satu jam…dan waktu terus berlalu. Ternyata, racun si Pinky memang dashyat! Dia ini jenis konsol yang beda daripada yang lain.

Kalau saya bandingkan dengan kompetitor terbesarnya saat ini, PlayStation Portable atau PSP, Nintendo DS (NDS Lite adalah versi kedua dari NDS) ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kekurangannya yang paling terasa adalah kualitas grafisnya. Siapapun tidak ada yang menyangkal kalau kualitas grafis PSP sangat bagus untuk ukuran sebuah konsol genggam. Dibandingkan dengan NDS, PSP memang lebih unggul dalam hal grafis. Tapi bukan berarti kualitas grafis NDS jelek. Tidak, tidak sama sekali. Dengan teknologi yang canggih, NDS pun sudah mampu menampilkan gambar 3D dalam game2nya. Warna2nya pun sangat cerah dan kaya.

Lalu, apa kelebihan NDS dibandingkan dengan PSP?

Secara fisik, penampilan yang paling menonjol dari si Pinky adalah layarnya yang ganda (dual screen, itulah sebabnya kenapa namanya DS = dual screen). Salah satu dari kedua layar tersebut adalah layar sentuh. Dengan adanya layar sentuh ini, tentunya membuat Nintendo DS memberikan pengalaman bermain yang berbeda dengan konsol game pada umumnya. Beberapa game bahkan sangat mengandalkan penggunaan layar sentuh (konsol ini juga dilengkapi dengan sebuah stylus) untuk memainkannya.

Game2 yang ditawarkan juga sangat banyak dan beragam. Mulai dari petualangan, RPG, action dan jenis2 game lain yang sangat inovatif. Contohnya adalah game Cooking Mama, sebuah game tentang masak memasak. Dalam game tersebut kita dituntut untuk membuat hidangan atau masakan tertentu. Caranya? Ya seperti layaknya orang memasak, kita perlu memotong2 bahan2 makanan (dengan menggunakan stylus yang seolah2 berfungsi sebagai pisau), kemudian mengaduk2 masakan, sampai meniup (iya! kita harus benar2 meniup), dan terakhir menghidangkannya.

Atau sebuah game lain yang sangat terkenal, Nintendogs, dimana kita bisa memelihara anjing virtual layaknya memelihara anjing sungguhan. Anjing virtual tersebut harus diberi makan, minum, dimandikan dan diajak jalan2. Uniknya, kita bisa mengelus2 (dengan stylus) anjing tersebut dan kemudian melatihnya untuk melakukan gerakan2 tertentu yang kita ajarkan.

mario.jpgAtau mungkin ingin bernostalgia dengan game terkenal Super Mario Bros? Sampai sekarang saya masih dibuat penasaran oleh New Super Mario Bros yang sangat seru dimainkan dengan NDS Lite ini.

Sangat menarik!

Daya tahan baterenya pun patut diancungi jempol. Dengan setelan kecerahan layar yang paling minimal, NDS sanggup bertahan dimainkan hinggan 9 – 10 jam nonstop!

Sekarang, siapa yang peduli dengan kualitas gambar yang hebat kalau keleluasaan bermain, keragaman cara bermain, dan keasyikan bermain sudah didapatkan semua.

Oh iya, satu lagi kelebihannya, NDS lebih digemari oleh lebih banyak kalangan karena keragaman game2nya. Buktinya, pacar saya juga jadi keranjingan main si Pinky. :p

Hmm, dan saya menyesal kenapa tidak membeli si Pinky dari dulu2 ya….

Advertisements

60 thoughts on “NDS Yang Kusesali

  1. iya Om, ini juga sudah insyaf kok…kan aku juga belinya buat kesenangan bersama…hahaha…. πŸ˜€

  2. Kalo ngga salah di sini NDS bisa dipake chat juga Fis… (*tau dari temen2nya ingga*). Cuman lately ada kontoversi since (konon) fitur chat ini katanya bisa dijadiin sarana bagi para (ehm) paedophyls buat me-lure anak-anak. Hiii… (*makanya ingga ngga dibeliin*). Mudah2an Ade Ito ngga punya ide-ide cemerlang setelah baca ini… (hehehe… *pisss*)

  3. gue sebenarnya juga pengen punya nds lite ini. cuma karena dia model lipat, pake layar sentuh, dan ada stylus, kayaknya gak bisa gue beli sekarang. bukan apa-apa, anak-anak gue masih terlalu kecil (umur 4 dan 2 tahun), kayaknya bakalan cepet ancur kalo mereka pakai. jadinya masih tetap bertahan sama psp putih, sepertinya lebih robust buat anak kecil seperti anak-anak gue.

  4. wah bener tuh bang ryosaeba, walopun seru buat dimaenin, tapi tidak disarankan dipegang2 ama anak di bawah 5 tahun deh….bisa berantakan ntaaarr…hehehehe

  5. waduh lu tu yah teteup ajah, maklum waktu smp ikut bude jadi ga ada mainan yah he..he…. Eh ati ati loh game itu racun karena gw pernah main game sampe pagi dan gw tersentak karena bahanpresentasi gw belum siap tidaaaaaak

  6. Nintendo sekarang emang menjadi “everybody console” mulai dari NDS sampai Wii. dan konsep utamanya adalah bermain bersama orang yang dekat dengan kita tak mengenal gender, usia, atau pendidikan.

    terlebih lagi NDS yang memiliki fitur touchscreen yang memudahkan navigasi dan meningkatkan interaktifitas ke level yang tak tersentuh PSP.

    yang jelas sih jangan terlalu kecewa lah, NDS gak cuman buat nge-game doang kok, bisa sebagai translator, cookbook, organizer dll. dan biar lebih asik lagi… maen jangan sendirian πŸ˜€ beramai2 pasti lebih asik… makany maen2 yah ke http://gambreng.net

  7. kiran judulnya apaan nds yg kusesali… ternyata kebalikannya.. wah wah, situ jg meracuni saya untuk beli nds.. =p

  8. DS emang jadi Candu banget πŸ™‚ Coba liat postku tentang Best Japanese Games ini, Kebanyakan Game NDS Dan Asyik bgt! Gak nyesel juga deh saya beli NDS πŸ™‚

  9. NDS bisa buat dengerin mp3,video,ama gambar kalo lo punya min M3Simply/R4 card ama tinggal beli microsd aj tinggal colok ke cartridge.klo mo maen game tinggal pilih Game,klo mo mp3 tinggal pilih moonshell.
    soal harga gw liat di levelupshop.com cmn 350rb

  10. :)kirain nyesel beneran..
    hehehe.. kalo soal grafiknya, PSP mang lebih bagus. Tapi gameplay NDS terlalu luar biasa untuk dibandingin sama grafik PSP..(sori yang penggemar PSP)

    tul gaaakkk????!!!

  11. Duuuhhh!!! Artikel yang bikin ngiri πŸ˜›
    Nice experience bro. Semoga targetku untuk beli DS bisa tercapai. Lagi ngumpulin duit nih πŸ˜€

    BTW apa bener bisa dipake untuk laen2x n nggak cuman ngegame? ribet nggak caranya klo mau ngegame make iso yang didownload gratis di internet itu?

    Anyway, selamat bermain bro! Jangan lupa doanya buat kita2x yang belum pada punya supaya bisa punya n maen bareng2x πŸ™‚

    Salam.

  12. huaaa~
    bikin iri aja. ak lagi ngegebet ds nihh. hix~
    btw, harga ds lite yang lengkap sama anti gores, dkk skrg brp sih? tmn ak bli wktu itu 1,8.. tapi ada jg yang bli 1,4. jd bnun~ x(

    NDS maniac.. xD~

  13. halo kk kk….mau tanya2 nih…
    sebenarnya berapa sih harga nintendo ds tuh?
    saya kemarin barusan beli nintendo wii…

  14. kemaren sich aku beli PSP slim di PSE ITC M2M harganya 1.750rb yang ecopack, kalo tambah msd 2 Gb + 175 rb.

    Waktu beli sich emang lebih banyak yang beli NDS, tapi pilih PSP karna bisa ngenet pake wifi.

    kesimpulannya sich, kalo cewe dan anak2 lebih baik pilih NDS.

  15. Wah2 buat yang bilang PSP buat cewek dan anak kecil, siap2 menyesal (gege).
    – 5 judul “Final Fantasy” buat DS
    1. FF 3 REMAKE
    2. FF 4 REMAKE
    3. FF Tactics A2
    4. FF Cristal Chronicle (sedang DL nih)
    5. FF 12 SEQUEL
    Bandingkan dengan 2 judul saja di PSP (walaupun untuk FF CrisisCore no comment deh)
    – sama-sama bisa Wi-Fi (yah walaupun jarang sih)
    – untuk rom DS silakan download di http://www.romulation.net (site revived, tinggal buat account aja)
    Untuk Rom PSP silakan BELI (kalo bandwith gede sih, download jg bisa asal sabar aja soalnya size gede2…..)
    – Harga PSP n DS kira2 sama, tambah memory cm sekitar 1,7 an

    Well itu sepintas DS vs PSP
    Saran ku sih beli semuanya biar ga nyesel
    2 konsol game yang GILA OK KEREN PUNYA

  16. Hehe…, pada keracunan ya..
    emang nds gemnya beda bgt dari yg lain, kyk Brain Age, gem bwt ngasah otak biar tetep tajem, (bokap gw smpe ikutan maen, hihi..), trus Elite Beat Agent (game musik kyk dance revolution), Final Fantasy XII,trus Zelda Phantom Hourglass (gem rpg yg keren abis), dan yg lg gw tunggu2 Ninja Gaiden Dragon Sword (gem action yg kontrolnya full pake stylus…), wah keren2 deh dijamin, dan semuanya tinggal donlod aj di inet, ada 2000an gem update tiap hari…

    selain itu nds kita jg bisa bwt internetan & ngadu gem online sm orang2 di luar negeri lho, tinggal nyari hotspot gratis aj, (kyk di detos), ditambah lg bwt dengerin lagu, nonton, organiser, pokoke multimedia in lil’ console….hehe…

  17. Ho Ho Ho…

    Memang nintendo DS Meracuni gamer
    GiLa!!! Permainannya bagus bagus

    Kalau mau yang kreatif pilih NDS
    Kalau mau yang grafiknya bagus pilih PSP

    Kalau aku sih NDS
    Sekali NDS tetep NDS

    Disekolah aku aja,ada yang bawa PSP
    eh~~~ aku voting dech NDSku ama PSP temmenQ
    Ternyata kebanyakan pilih NDS karena tergila gila ama Cooking MAMA πŸ™‚

  18. Eh, bro skr hrg NDS brp y??

    Kok ada yg paketan 2jt ada jg yg 1,4jt..

    mmg normalny isi paketan ada apa aj??

    tktny aj gw ditipu.. hehehe

  19. Setelah baca crita kamu aku jadi punya gambaran nich antara PSP N NDS Lite. Aku bingung bgt mau beli yg mana. thanx

  20. Sipp emang… Ak juga baru aja maen NDS, game2 nya keren abiss…..

    NDS is the best game portable forever….

  21. gile bener ni nds,,
    wah jadi bingung mw bli psp pa nds yah?
    cz q pgn tuh konsol bisa jg bwt internet,selain bwt nggame n have fun (mp3,video)
    kasi saran dunk..
    psp ato nds?
    sama +/- nya jg..

    spa aj, tolong yah…….

  22. eh~…kan gw punya micro memory cardna… tapi edge punya..bukan R4…. gimana carana masukin game download ke dalam DS nya?@@ harus pake alat khusus ndiri ?@_@ ajarin donk..bagi2 ilmu gt?hiks…
    tolongg…~ @_________________@

  23. heyy…
    saya bingung nih mau membeli yang apa…
    di sisi lain PSP jelas banyak keunggulannya…
    tapi NDS juga touchscreen…
    Beda memory yang terdapat antara PSP dengan NDS apakah jauh berbeda?
    seperti yang anda katakan bahwa NDS juga dapat memainkan the SIMS2 tapi apakah kualitas game’nya tetap bagus bila dibandingkan dengan PSP?
    bukankah memory dari NDS termasuk sangat kecil?
    lalu pertanyaan saya yang lain adalah..
    apakah tidak gampang bosan memainkan game itu?
    yang saya tahu banyak sekali orang yang membeli tetapi setelah itu mereka pasti bosan memainkannya,apakah hal ini terjadi pada anda?
    jika NDS memang lebih bagus mengapa harga PSP jauh lebih mahal daripada NDS?
    sekarang saya bingung membandingkan NDS dengan PSP..
    bisa tolong membantu?
    terima kasih..^^

  24. Harga Nds Paket Ekonomis 1,5jtan
    Yg Komplit 1,9Jtan(1,950 tuh paket yg Ndsny dih dksh GAme mpe Memonya FULL)
    sayang gw lom Pny Nds jd maen pk Emulator d Komp…
    Bro doain Gw spy bs Bli Nds Dunk T_T

    To Feli Jelas donk hrg PSP mahal Grafisnya aj JAuh beda m Nds
    MEmori Nds kecil bukan masalah toh ad Slot card memory(SD Card) N Game2ny jg cmn Size 120Mb(game2 RPG) doank bahkan game Trauma CEnter(game Operasi) Cm Bersize 16Mb

  25. NDS ROCKS!!!

    yang mau beli PSP siap2 kecewa
    karena PSP-3000 bakal keluar Oktober 2008
    dengan harga yang sama dengan PSP seri sebelumnya

  26. PSP barunya emang mahal
    tapi bekasnya jauh lebih murah
    PSP baru 1.8-2.5jt
    PSP bekas 1jt-1.5jt
    dan jualnya juga ga gampang

    sedangkan NDS

    NDS baru 1.5-2jt
    NDS second 1.4-1.8jt
    dan jualnya juga cepet

  27. mending nds
    gambarnya cute’ dan gamnenya ga membosenin
    law bosen tinggal main game yang lain
    wong 1 giga dah cukup buat store game 25 – 30 biji
    ditambah lagi cuma dari produk nintendo
    yang ngasilin game bertema pokemon dan mario bross
    gamenya isa ditiup dan harganya terjangkau
    selain isa ditiup,kita bisa telepon’ teleponan ma player lain
    yang pastinya make fitur wifi

    psp mank memiliki grafis bagus sekaleeeeee
    tapi gamenya berat banged
    1 giga mah bakal zigongan gigi gua
    1 giga ga begitu cukup buat store game psp
    batere boros,karena dia punya contrass yang tinggi

    keunggulan & kelemahan kedua console ini (secara praktek,coz q dah nyobain 2 console ini)
    nds:
    kelebihan
    1.gamenya buanyak dan cute’
    2.lebih tahan batere,bis contrassnya bisa di set
    3.bisa store game banyak
    4.gamenya lebih bertema fun ato happy
    5.bakal di gandrungi cewek’,(di kampus q bawa nds
    di pinjemin banyak cewe’.coz ni console banyak game buat cewe’.macam cooking mama dll).

    kelemahan:
    1.bikin sepet mata,bis layarnya kecil sih
    2.anti gores cepet jebol,bis mainnya kebanyakan di tusuk
    3.gamenya lebih menjurus untuk anak kecil dan wanita
    4.gamenya lumayan mahal (bentuk fisik) sekitar 20-25 ribu per piece

    PSP:
    kelebihan
    1.gambarnya coy,buagus pisannn dalam kategori game handheld
    2.gamenya juga banyak,(bull shit law ada orang bilang game psp dikit)
    3.bisa di upgrade dengan aksesoris menawan,kamera,joypad dll
    4.gamenya murah (bentuk fisik) sekitar 5 rebu per piece
    5.gamenya di khususkan buat cowok’ yang punya otak dan kepribadian macho (macam gua)

    kekurangan
    1.batere boros
    2.ga ada cewe minjem,maklum gamenya terlalu rumit.adanya yang minjem cowo semua T_T
    3.aksesoris menawan mank banyak,tapi harganya juga menawan
    4.lebih mahal dari nds
    5.gamenya bersize besar’ 1 giga law beruntung cuma dapat 2 game.mo masukin game final fantasy ga bakalan cukup 2 giga
    6.ngebosenin,gamenya terlalu serius dan memutar otak.lama’ kan bakal bosen

    kalo wa saranin sih mending beli nds
    memang sih gambarnya minus,tapi game’nya imud’ kayak marmud.he5.selain itu lo bakal di gandrungin cewe’,coba aja lo bawa ntu nds ke skul ato kampus.tapi ingat isi gamenya juga yang bagus’.

    kebanyakan survey sih
    orang yang beli psp cenderung bosen dan memilih nds.tapi baru survey sih
    law q sih dlu pertama’ beli psp,karena bosen wa beli nds.ampe sekarang q masih main nds.psp mah bedebu di lemari.hahahaha

  28. untuk smw pecinta konsol masalah kalian bakal saya jawab

    Untuk PSP emank keren buat cwo game penuh tantangan gak ngebetein lbih greget aplikasinya banyak smw ada(NDS kalah dech)tapi di tahun 2009 bakal keluar jagoan baru gw
    NDSi
    dengan fitur yang gak kalah lengkap sama “PSP”
    1.dah ada kameranya(ada dua lagi!!)3MP & 0.3 MP
    2.bisa ngenet sama kayak “PSP”
    3.ada memori internalnya
    4.layarnya dah lebih gede dari NDS Lite
    pokoknya seru dech harganya aja murah

    DI AS nanti Harga yang di pasarin Sekitar $ 180.00 = Rp 2.500.000

    PSP-3000???????Basi Sama aja cuma beda namanya aja

    HAHAHAHHAHAHHHAHHHAHHA

    NDS Is The Best Than PSP

    *NDS FREAK*

  29. aneh banget, judul sama isinya beda sekali, dari awal saya baca, saya pikir bakalan ada sesuatu yang gak oke dari si NDS pinky ini, ternyata kok beda…. waduh mba, kayaknya judulnya musti di ganti tuh!

  30. Persis kayak aku om.
    Nyesel ngeluarin dua juta, tapi kalo masalah kepuasan batinnya gak usah ditanya lagi: PUASS!!

  31. hai semua w kmrn beli Ds di V3 masa w dikasih harga 1950, trus w cuma dapat NDS, Mc 2 GB, media r4, plus anti gores, silicon, mahal yaaaaa……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s