Siapa KSAD Berikutnya?

Diam2 begini, sedikit banyak saya mempunyai perhatian khusus terhadap angkatan bersenjata negeri ini: Tentara Nasional Indonesia atau TNI. Di luar segala kekurangan dan keterbatasannya, saya pikir kita patut berbangga dan selalu mendukung TNI. Merdeka!

Seperti saat ini, misalnya, di saat ada pergantian di pucuk pimpinan TNI, yaitu ditunjuknya Jenderal Djoko Santoso sebagai Panglima TNI yang baru menggantikan Marsekal Djoko Suyanto. Djoko Santoso sebelumnya menjabat sebagai KSAD dan dengan diangkatnya beliau sebagai Panglima TNI, tentunya kursi KSAD menjadi kosong. Selalu menarik untuk memprediksi siapa yang bakal menduduki kursi yang sekarang sedang kosong tersebut.

Jabatan KSAD adalah jabatan yang lazimnya diisi oleh seorang jenderal berbintang empat dari Angkatan Darat. Nah, sekarang ini tidak ada jenderal aktif berbintang empat lain selain Djoko Santoso. Dengan demikian, tentu calon KSAD yang paling mungkin untuk dipromosikan menjadi KSAD adalah mereka yang sekarang sedang memikul 3 bintang di pundaknya alias berpangkat Letnan Jenderal.

Seperti yang banyak dilansir di media2, saat ini paling tidak ada 2 nama yang peluangnya paling besar untuk menggantikan Djoko Santoso sebagai KSAD. Mereka adalah Letnan Jenderal Agustadi Sasongko yang sekarang menjabat sebagai Sekretaris Menkopolhukam dan Letnan Jenderal Syafrie Syamsuddin yang sekarang adalah Sekretaris Jenderal Departemen Pertahanan.

Sebenarnya masih ada 4 jenderal bintang tiga lain yang sekarang masih aktif, tapi kansnya lebih kecil daripada mereka berdua karena faktor2 tertentu.

Dari 2 jenderal tersebut, Agustadi dan Syafrie, manakah yang peluangnya paling besar?

Secara pribadi, saya sebenarnya lebih menjagokan Syafrie karena dia lebih ganteng. Karir Syafrie sebenarnya sangat cemerlang dan terbilang cepat melesat. Lulus Akmil tahun 1974, Syafrie kemudian banyak menghabiskan karirnya sebagai perwira operasi dan intelijen. Sampai akhirnya dia diangkat menjadi Pangdam Jaya pada tahun 1997 dan tercatat sebagai Pangdam yang usianya paling muda saat itu. Waktu itu pangkatnya Mayor Jenderal atau jenderal berbintang dua.

Nah, ingat peristiwa kerusuhan Mei 1998 di Jakarta, kan? Sebagai orang yang paling bertanggungjawab terhadap keamanan ibukota, jenderal idola kaum ibu2 ini dianggap gagal menangani kerusuhan ini. Cara2 yang diambil melalui pendekatan militer memakan korban jiwa yang banyak. Akibatnya karirnya langsung meredup, dia dicopot dari jabatan tersebut dan dimutasikan ke Mabes TNI.

Tapi, karena orangnya memang cerdas, karirnya tidak langsung mati. TNI rupanya masih membutuhkan tenaganya. Setelah diputar2 di lingkungan Mabes TNI, Syafrie akhirnya dipromosikan menjadi Sekretaris Jenderal di Departemen Pertahanan dan menerima satu bintang lagi di pundaknya menjadi Letnan Jenderal.

Kalau Agustadi, saya tidak terlalu tahu karirnya dulu seperti apa. Tapi menurut informasi yang saya dapat dari internet, Agustadi ini adalah lulusan terbaik Akmil angkatan 1974 (satu angkatan dengan Syafrie). Karirnya pun mulus dan mencorong. Sama seperti Sjafrie, dia pernah menjabat sebagai Pangdam Jaya dan dikenal cerdas namun low profile.

Nah, sekarang kalau disuruh memprediksi, saya mungkin akan memilih Agustadi daripada Syafrie. Alasannya karena jejak rekam Agustadi lebih “bersih” dibandingkan Syafrie. Bayangkan kalau misalnya TNI lebih memilih Syafrie, tentunya resistensi publik akan besar mengingat Syafrie masih dianggap bertanggungjawab dalam peristiwa kerusuhan 1998.

Tapi, hati kecil saya ingin Syafrie yang naik menjadi KSAD.

Update: Akhirnya, Letnan Jenderal Agustadi terpilih sebagai KSAD berikutnya.

Advertisements

4 thoughts on “Siapa KSAD Berikutnya?

  1. Iya Pak Syafrie Ganteng…Tapi masalahnya SBY gak suka ama dia jadi yang kepilih Agustadi. Masalah 98 mah bukan salah Pak Syafrie…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s