Logo Baru Bursa Efek Negeri Ini

Sore tadi saya melihat logo baru PT. Bursa Efek Indonesia di sebuah halaman harian Kompas. Semenit dua menit saya memandangi logo tersebut tapi tak berhasil menemukan keindahan dan maknanya. Saya pikir, mungkin tingkat apresiasi dan citra rasa seni saya masih cetek, sehingga logo tersebut hanya tampak seperti sebuah bola yang tercabik2 saja.

Saya ingat sekitar bulan November 2007 (kalau tidak salah) telah diadakan sayembara logo PT. Bursa Efek Indonesia yang merupakan gabungan dari 2 bursa efek yang ada sebelumnya, Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya. Mestinya logo yang sekarang terpilih adalah logo pemenang sayembara tersebut.

Tapi apa iya ini logo pemenangnya? Bagaimana dengan logo2 hasil kiriman peserta2 lain ya? Jadi penasaran.

Saya kemudian mengintip blog-nya pak Menteri Desain Republik Indonesia yang biasanya suka memberikan masukan tentang logo milik institusi2 atau perusahaan2, eh ternyata beliau sudah memberikan komentarnya tentang logo baru ini. Sekalian saya colong gambar logo barunya ya pak. Hehehe…

Nah, saya coba mencari2 makna atau arti dari logo baru tersebut. Saya baru menemukannya di sini. Berikut cuplikannya:

Logo baru tersebut memvisualisasikan adanya kekuatan, energi dan pergerakan yang dinamik dari Bursa Efek Indonesia sebagai penyelenggara pasar yang efisien dengan integritas yang tinggi, infrastruktur yang handal serta beragam investasi.

Logo tersebut juga menggambarkan harapan agar BEI menjadi suatu komunitas dari sebuah Pasar Modal berskala dunia.Ā  Penggunaan logo baru tersebut diharapkan akan semakin memantapkan semangat atas sinergi penggabungan dua Bursa sebelumnya, yaitu PT Bursa Efek Jakarta dan PT Bursa Efek Surabaya yang telah efektif pada 30 November 2007.

Penggabungan tersebut diharapkan akan menjadikan Bursa Efek Indonesia lebih kuat dan efisien dimana para pelaku pasar hanya mengenal satu Bursa yang memfasilitasi seluruh segmen pasar. Sinergi merger diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan kapitalisasi pasar yang mampu bersaing dalam skala regional dan peningkatan pemodal baik asing maupun lokal.

Harapan ke depan, Pasar Modal tidak saja sebagai alternatif bagi pendanaan dan sarana berinvestasi, namun mampu menjadi cermin pergerakan ekonomi nasional.

Dan saya tetap tidak bisa melihat hubungan antara bentuk bulat yang terkoyak2 atau tercabik itu dengan arti atau makna yang diterangkan di atas. Ada yang bisa?

Advertisements

20 thoughts on “Logo Baru Bursa Efek Negeri Ini

  1. iya tdak indah. bola yang koyak akibat jari-jari yang saling cakar? sengaja nih nyindir orang indonesia yang masih suka berantem šŸ™‚

  2. logo baru BEI gak jelek kok… cukup enak diliat jg… agak bisa diterima…Cuma, relevansi arti logo gak jelas. Atau memang yang lain gak ada yg lbh ok??

  3. tp logonya memang keren kok!
    simpel seperti matahari di pagi hari yang terhalang daun bambu šŸ™‚
    pdhl logoku juga ga’jelek2 amat! tp kok kalah ya? šŸ˜¦
    ya..mungkin memang bukan jodohku šŸ˜€

  4. biar kesannya moderen kali yah šŸ™‚
    tapi kok ga transparan ya pemilihan logonya.
    misalnya untuk beberapa logo terpilih dimasukkan ke sebuah website yang nantinya bisa diakses (misal buat para anggota bursa yang tercatat) kan katanya akan ada 5 logo faforit. kalo ga transparan siapa yang milih logo faforitnya dong. abis tiba2 dah ada pemenangnya. nama pemenangnya juga ga jelas siapa.

  5. heheheh….
    klu masalah filosofi saya kurang ngerti
    logo yang kemaren saya buat hanya sedikit
    yang menggunakan filosofi. Logo yang dibuat oleh saya kebanyakan menggunakan teori dan
    icon pertukaran dari huruf X.
    Mohon maaf sebelumnya saya bukan so menasehati saya hanya sekedar cerita…hehehehehe…..
    Oya, saya pernah mendengar teori konspirasi
    atau apalah yang sejenisnya saya kurang tau heheheh…
    saya tidak tau persisnya…
    kenapa tidak disebutkan pemenangnya?
    mungkin ini adalah salah satu cara Manajemen
    BEI untuk terhindar dari pajak logo baru,
    nah, makanya pihak BEI membuka sayembara logo
    untuk dilombakan dan logo yang akan menggantikan logo yang lama sudah disediakan sebelum sayembara disebarkan oleh pihak BEI. Mudah2an saja pihak BEI tidak melakukannya….heheheeh.
    Yaaa, semua uda diatur sama Allah dan hanya Allah yang tau kebenaranya…
    apabila pihak BEI benar meggunakan teori ini saya berharap pihak2 yang menyelenggarakan sayembara ini dibukakan hatinya… agar tidak melakukan hal seperti ini lagi.
    Saya melihat nama pemenang…tp apa itu beneran? ap cuma direkayasa? agar peserta tidak merasa ditutupi? kembali lagi pada agama..kita ambil hikmahnya aj…ok?
    Dan apabila memang ada pemenangnya selamat ya!?
    mudah2an uang yang didapat menjadi berkah dan berguna amiiiiinnnnn……….

  6. sepakat !!

    entah apa yg sy spakati, tp sy sgt spakat klo sayembara ini kurang transparan, eh tau-tau udah ada yg menang, trus pemenang yg laennya gmn? kita khan pengen liat hasil karyanya..

  7. pertama-tama bagaimana pun juga selamat untuk pemenangnya, tapi kok sangat ke jepangan yah dan mirip merek barang elektronik?

  8. waduh bener, jelek banget ni logo. Kayaknya cerminan dari juri yg ga tau disain. cape deh pak menteri… hari gini masih ada logo kayak gini..
    Bagusnya ini logo untuk logo Persatuan Sepak Takraw Indonesia atau perusahaan pengguna daun bambu seluruh Indonesia… he he.. Jangan gila dooong..

  9. mudah2 an dengan berubahnya logo
    bes semakin maju
    merdeka””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””””‘he2

  10. mm, meskipun sudah dimengerti tapi bagus qo. simple. paling yang gw tau kalo warna coklat emang melambangkan daya tahan. tapi karena warna coklatnya bulet dan disobek-sobek, gw jadi tak paham…
    (_ _’)v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s