Video Tentang Latihan Prajurit Kopassus

Menjadi seorang prajurit Kopassus memang tidak mudah. Maklum saja, Korps Baret Merah ini memang “penampungan” prajurit2 TNI AD yang terpilih dan terbaik, tidak sembarang prajurit bisa menjadi anggota Kopassus.

Saya menemukan video di bawah ini dari Youtube. Isinya gambaran singkat tentang bagaimana prajurit Kopassus direkrut dan digembleng habis2an agar benar2 bisa menjadi prajurit Komando, prajurit Pasukan Khusus.

Saya paling suka adegan pembukanya. Ceritanya ada briefing pasukan sebelum berangkat bertugas. Kata2 yang diucapkan sang komandan kurang lebih seperti ini:

Prajurit komando, perintah sudah jelas! Pertiwi memanggil kita, sebagai jawaban akhir dari sebuah pertaruhan. Kegagalan takkan pernah terbayar, dengan darah semahal apapun. Lebih baik pulang darah daripada gagal di medan tugas! Yakini Tuhan bersama kita. Selamat bertugas!

Lalu dijawab oleh para prajuritnya:

Komando!!!

Dari video ini kita bisa mendapat gambaran bahwa latihan yang diberikan untuk para calon prajurit Kopassus itu benar2 keras. Mereka diuji pada kondisi yang paling buruk, dengan rasa sakit yang amat sangat dan sampai batas ketahanan maksimum manusia! Edan!

Yang lebih edan lagi, banyak anggota Kopassus yang gugur dalam latihan saking kerasnya tekanan yang diterima. Dalam salah satu adegan terlihat bagaimana para prajurit itu disuruh berlari, merangkak dan merambat sambil ditembaki dengan peluru sungguhan! Kalau tidak siap mental, bisa2 mati kaku duluan  menghadapi desingan peluru berseliweran di dekat kepala!

Bahkan, katanya latihan seperti ini dianggap terlalu brutal oleh pasukan khusus dari negara lain. Benar2 edan!

Dulu, waktu saya bersekolah di Cilacap, saya sering melihat banyak tentara berseragam loreng2 dan memakai baret merah berkumpul di taman makam pahlawan. Kelihatannya mereka sedang melakukan upacara pemakaman salah seorang teman mereka sepulang dari latihan di pulau Nusakambangan. Kopassus memang sering mengadakan latihan tempur di pulau ini dan konon memang banyak prajurit yang gugur dalam latihan.

Tapi, itulah Kopassus alias Komando Pasukan Khusus TNI AD. Segalanya memang harus khusus. Soalnya, di medan pertempuran yang sesungguhnya, situasi yang dihadapi pasti bakal lebih berat dan berbahaya. Kalau mental dan fisiknya tidak dilatih secara khusus, dijamin tidak bakal bisa melakukan operasi2 khusus ke daerah lawan.

Hidup Komando! 😀

82 thoughts on “Video Tentang Latihan Prajurit Kopassus

  1. Aku benar-benar salut sama kopassus.Calon suamiku juga seorang kopassus,kadang aku khawatir saat dia latihan atau sedang bertugas.Tapi dibalik semua itu aku bangga memiliki calon suami seorang kopassus.KOMANDO…

  2. gw jg liat adegan calon kopassus yang disuruh baris terus dicambuk pake selang, kebayang sakitnya

    terus ada jg yg ditutupin matanya disuruh gendong ransel yg gede bgt, kliatannya berat

  3. SAYA YAKIN SEKSLI KOPASSUS SECARA FISIK IS THE BEST,TAPI LEBIH THE BEST LAGI KALO INTELEKTUAL DIRI PARA KOMANDO HARUS THE BEST OF THE BEST FROM THE BEST DARI NAVY SEAL…GBU

  4. lebih baik pulang nama dari pada gagal di medan laga. Luar biasa!!!
    kata babeku latihan kopassus yang sekarang masih mendingan daripada sewaktu dulu babe jadi kopassus sekitar tahun 60-80an sewaktu masih RPKAD-Kopasandha.
    Bravo kopassus!!! jaga nama besarmu dari tingkah laku sebagian oknum mu yang mencoreng nama besarmu. Komando!!!

  5. Waktu main ke rumah temen di Nusakambangan, pas banget ada latihan perangnya Koppassus…ngeri juga dengernya kaya perang beneran yg di film2…
    Apalagi disana ada pisau Komando yg merupakan tempat pembaretan anggotanya…bangga juga sebagai salah satu warga Cilacap, terpilih sebagai tempat pembaretan bagi anggota Kopassus…
    Dan ternyata sekarang…saya sedang “dekat” dgn seseorang yg notabenenya anggota Kopassus, banyak hal tentang militer saya tau dari dia.

  6. salam KOMANDO!!!

    percayalah bagi siapapun yang terpilih dalam TNI AD (KOPASSUS) itu adlah sebuah panggilan Tuhan untukmu,cintailah apa yang telah kmu dpat s’at ini jlanknlah tugas n kwjibn mu terhdap bangsa ini, karna aku mempunyai seorang kakak di kopassus ya,, mmang sebentar aku mengenalnya tpi ktka mlihat n mendengar latihan nya aku jdi ngeri sendiri tapi ya,,,sudahlah,,,tetep semangat doaku menyertaimu,,GBU (GROUP 1 PARAKO SERANG just for you (SERDA MARIADI),SERDA LALU AFRIANDI KUSUMA,GROUP 2 PARAKO SOLO A/N SERDA ADI SISWANTO,SERDA SUHARI SURYATMOKO)CAYOOO TYUZZ YUPZ,,,,!!!!

  7. mantan pacarku yg ke 2 Kopassus sekarang dia tugas ke Papua .. hiksss … hiksss
    ada yang mu gantiin gak? heee
    cayo KOMANDO
    cayo KOPASSUS

  8. latihannya memang berat,q tahu karena banyak temen2q yg jadi kopassus.bukan temenq ja pacarq jg kopassus.q ngeri kalo liat video latihannya,coz q gak tega liat mereka latihan begitu kerasnya palagi kalo ada pacarq di situ.cayoooo kopassus.KOMANDO.

  9. Kau tetap prajurit kebanggaanku….dari Ijon Jambe ……
    Selamet Riyadi………semua terpatri semangat Jenderal besar Sudirman.Aku beda korps…juga beda angkatan tapi kau impian masa kecilku……tapi aku juga bersama sama mu di Mattabean sana. KOMANDOOOOOOOOOO.

  10. Grup 2 kopassus kandang menjangan solo selamat bertugas utk keberangkatan ke perbatasan papua bsk november,, moda slalu dalm lindungan Allah… aaamin

  11. Alhamdulilah swktu ayahq bertugas pulang dgn selamat…
    Buat Grup 2 kopassus kandang menjangan solo selamat bertugas utk keberangkatan ke perbatasan papua bsk november,, moga slalu dalm lindungan Allah… aaamin. A/N Serda Aji N, ak tunggu calling’ny yaa.. i mis u mas..

  12. Alhamdulilah swktu ayahq bertugas pulang dgn selamat…
    Buat Grup 2 kopassus kandang menjangan solo selamat bertugas utk keberangkatan ke perbatasan papua bsk november,, moga slalu dalm lindungan Allah… aaamin. A/N Serda Aji N, ak tunggu calling’ny yaa.. i mis u

  13. Awalnya bahkan gak kepikiran untuk punya pacar anggota Polisi apalagi TNI,,ternyata Tuhan punya rencana lain, datanglah si mantan teman SD itu, setelah jalan baru ketahuanlah kalo dia anggota Kopassus,, awalnya BETE berat, tapi setelah diberi pengertian dari dia, saya jadi bangga menjadi bagian darinya..Walau harga yang harus dibayar juga tidak ringan,,setiap dia pamit mau tugas,terutama saat pengintaian, saya yang tidak bisa tidur dirumah karena waswas..Alhamdullillah sampai sekarang semua berjalan lancar2 saja..Trenyuh rasanya saat dia dengan tegas berkata “LABIH BAIK PULANG NAMA DARIPADA GAGAL DALAM TUGAS..”

    What i’m trying to say is,,
    Well Ladies,,butuh nyali besar untuk jadi pasangan sang Kopassus..So, be proud of them!! 🙂

  14. Semangat….
    jangan pernah berhenti berjuang to bangsa tercinta…
    salam to anggota komando
    Mediyanto and Suki (komando asal sumatra utara)…
    wherever and whenever U are…
    ingat Allah Swt Slalu menyertai…
    and Suki thanks to support ya.^_^
    semangat….semangat….

  15. saya dan temen2 saluttttttttttttt……. n pengennnnnnnnn……….banget jadi KOPASSUS yang fisik n segalanya VERY10000000000000000000000000000x IS THE BEST buanget…..

    SEMANGAT KOPASSUSKU..!!!
    SEMANGAT INDONESIAKU…!!!

    I LOVE U KOPASSUS

  16. semangat KOPASSUSKU…
    saya bangga denganmu KOPASSUS
    tunggu aku di sana ya
    di tempatmu bertugas karena aku pengen jadi sepertimu

    ganteng banget pakek kabaret merah..

    muaccchhhh…KOPASSUSKU..

  17. KOPASSUS BERANI TAMPA TAKUT. SY BANGGA SAMA KAPASSUS… MAJU TERUS PANTANG MENYERAH………CIJANTUNG IS THE BEST KOPASSUS I LOVE YOU SALAM BUAT CALON PAHLAWAN SAYA MOCH KASMURI.

  18. KOPASSUS MAJU TERUS PANTANG MUNDUR…. BWT UDA YG BERJUANG DEMI NEGARA N’ SELURUH PASUKAN KOMANDO …. GOD BLESS YOU !!!!

  19. meskipun menjadi pasukan elit TNI marilah kita bangun bangsa dengan kebersamaan demi bangsa dan negara yang adil dan sejahter!!!

  20. duchh… sumpah dey nda tega banget liatnya!!.aku jd keingetn cerita pacar q wktu pnddkn dlu!q dngernya ja ampe nangis!!hix..hix!!cayank q yg di kopss bgr,CAYOOOO!!jangan patah semangat yah!! bela terus negara tercinta kita!!!
    love u.. to kopassus

  21. to SERDA ALI in grup dua kopassus bogor:
    teruskan perjuangan mu sampai titik darah pengabisan!!jangan kau permalukan negara dan keluarga mu!!
    n bwt ALL warGa KopAssUs :
    Ayo donk tetep semanget n jgn mw kalah ma military luar!!!

  22. ayahku seorang kopassus aku bangga mempunyai seorang ayah yang mempunyai jiwa keberanian untuk membela negaranya sampai dia rela menaruhkan nyawanya dimedan tugas ayahku bernama mulyono dia adalah seorang ayah yang mempunyai kedisplinan yang tinngi aku bangga mempunyai ayah seperti dia komando,komando hidup kopassus jayalah dikau, terus maju pantang mundur aku bangga menjadi seorang anak kopassus

  23. salam komando untuk kawan2 ku korps baret merah dimanapun berada…jadilah prajurit komando yang setia serta membanggakan bangsa negara dan janganlah kau coreng nama besar baret merahmu! (KOPASSUS)…KOMANDOOOOOOOOOO!!!!!!!

  24. komando,komando,komando…………1kopassus memang the best,itu tlah dibuktikan dengan menang ton tangkas TNI AD,sukses bwt atlet2nya

  25. Q bangga kepada KOPASSUS..
    keren abis..dengan semangat yang tak pernah habis itu q salutttt..Salam buat temen2 q KOPASSUS baik yg di GRUP1, GRUP2, GULTOR, MAKO, PUSDIKPASSUS JG..aku bangga punya temen kaya kalian..
    buat seseorang yg da di GRUP 2 BATALYON 23 BOGOR selamat bertugas ke papua hati2 di sana..Q selalu mendo’akan dan menyayangi km di sini…

  26. kopassus memang oke n top!!!

    salut buat kopassus….

    saya kepengen daftar kopassus.

    lebih menantang bngt deh….

    saya suka dengan gaya kopassus!!!

  27. cayoooooooo Comando………..to kakak Qu Hendro Cahyo Nugroho di Kopassus Grup 2 Kandang Menjangan Kartosuro luv you………..semangat…….

  28. kalau latihan saja sudah pada wafat, bagaimana dalam keadaan perang sesungguhnya.
    Ini menunjukkan kelemahan pasukan khusus kita

  29. komando komando komando…
    tetep smngat ya sayang,,
    berikan yang terbaik,,,
    selamat bertugas d Serang Banten (group 1)
    SERDA NOFHARFAHRI my lovely
    adek always love u
    good luck,,,
    KOMANDO

  30. sebenarnya yg lebih edan lagi adalah pasukan khusus korea utara kurang lebih latihanya sama dg kopassus namun mereka punya militansi yg tinggi.merkasemua sakti mandraguna ,ahli bela diri tak mempan peluru dan senjata tajam serta beda keras memiliki ktahanan fisik dan mental yg prima dan kemampuan akrobatik fisik yg luar biasa melompat tinggi ,ahli menculik ,ahli teknik membunuh,ahli psywar,ahli intelijen dll

  31. bapakq salah satu anggota KOPASSUS CRUP 2 MAGELANG yang telah gugur di TIMTIM th 1976…..beliau aq anggap salah satu putra terbaik bangsa ini, membela demi keutuhan INDONESIA RAYA, aq bangga menjadi putrax, meskipun waktu itu aq baru berusia 6 tahun….hidup KOPASSUS !!! KOMANDO !!!

  32. salam komando……. qyu bangga menjadi adiex seorang kopassus hari nie mau berangkat ke bogor mga dlm lindungan allah..! slm manies dr all family in Solo

  33. kopassus memang harus bgt toh.mkanya klu mw yg terbaik dari yang terbaik yah kopassus klw nga jadi pasukan perampok aja.hidp kopassus!!!! komando…komando!!!!!!

  34. Buat honeyqu tercinta SERKA SONY WIJAYANTO. TEtap semangat ya sayang,, mama bangga punya suami seperti papa. I LoVe u so mUcH pa…….

  35. sekarang kakak da di Parung Bogr selamat bertugas adek cuma bisa ber doa buat kakak.
    semangat ya……….cako kecil kan selalu menemani kakak……….cayooooooo

  36. itu baru namanya PRAJURIT KOPASSUS, SESUAI SERAGAM dan warna BARETNYA YG MERAH ,,,, kalau perlu KOPASSUS menjadi salah satu PASUKAN KHUSUS paling brutal latihannya di dunia ….. jgn sampe kalah dengan pasukan khususnya KORUT …… !!!!!

  37. for my lovely.. yang berpangkat serda in kopassus bogor.. i love uuuu 4 ever.. q kan selalu mencintaimu walau kau selalu menyakiti ku… buat serda buang alias ahmad jadi cwo ga tw terima kasih… aku kan yang udah ngenalin kmu ke kk q… ich.. jahatttt sekarang aku ga di anggep.. liat aja nanti… apa yng kan terjadi

  38. KOMANDO!!!
    Salam bwt kawan2 d Batalyon 23 grup 2 bogor,Khususnya bwt,SERTU Lugay,Kopda Robyianto,Tetap Semangat!! KOPASSUS Selalu Ada dalam Hatiku!! Jaya selalu Para Prajurit Komando!!

  39. That’s the great commander forces… i’m to be proud of my self if i can join in this squad.. bravo KOPASSUS

  40. TERIMA KASIH !!!
    Setelah membaca semua testimoni diatas, saya sebagai salah seorang anggota KOPASSUS sangat bangga sekaligus terharu. Atas semua do’a dan harapan yg dibebankan kepada kami anggota KOPASSUS.
    Sudah menjadi tanggung jawab kami MENJAGA IBU PERTIWI dengan darah dan nyawa.

    LABIH BAIK PULANG NAMA DARIPADA GAGAL DALAM TUGAS !!!

  41. Dan kenyata’an nya… kesatuan pasukan khsusus diseluruh dunia menilai bahwa latihanya Kopasus adalah latihan palig berat dan paling brutal diseluruh dunia. Ga heran Kopasus dapet urutan ke 3 untuk kategori pasukan khusus sedunia.

  42. Kopassus…q bangga dengan perjuangan prajurit2nya yg benar2 & tulus mengabdi pada ibu pertiwi.
    Semoga Kopassus selalu jaya & menjaga bangsa ini dari rongrongan pihak manapun.
    buat para pemimpin bangsa yg suka ngumpetin uang negara harusnya malu dengan kelakuannya
    lihatlah….!!! prajurit2 berlatih bermandikan keringat bahkan sampe gugur baik dalam latihan maupun tugas operasi demi negara dan bangsa ini…!!!
    perhatikan kesejahteraan mereka,alutsita mereka,bukannya cuma ngurusin perut sendiri !!!
    Jayalah Kopassus ku !!!
    Jayalah Bangsa ku !!!
    Semoga Tuhan selalu melindungimu !!! Amien.

    KOMANDO !!!

  43. Selamat bagi kopassus yang telah menjadi pasukan khusus terbaik ke 3 di dunia
    Bravo………….. KOPASSUS.
    BERJAYALAH KOPASSUS……….
    BERJAYALAH INDONESIA………

  44. Cita-cita yg blum kesampaian,,,,,
    gpp msih da ksmpatan kok………
    Ayo berjuang trus KOPASSUS………
    jaga kedaulatan NKRI………….
    Bravo KOPASSUS…………
    Jaya INDONESIA………….

  45. sudah dua kali saya gagal masuk tni-ad.
    juni 2008 saya gagal di caba.
    februari 2009 saya gagal di catam.
    kali ini saya meneruskan untuk kuliah dan mudah-mudahan dikesempatan berikutnya saya bisa masuk di pa pk.dan bisa bergabung di kopassus.amin…amin…amin…ya robal alamin.

  46. Selama akhir-akhir ini hidupku selalu bersama kopassus,bagaimana tidak dia adalah teman hidupku walau aku tidak tahu bagaimana kerjaan dia yang harus mempertaruhkan nyawanya demi pertiwi tetapi aku tetap selalu mendukungnya dan siap menjadi sandarannya,,,aku bangga n salut banget dng kerja keras dia..sekeras apapun kerjaannya tapi aku merasa hatinya lembut..
    I LOVE YOU MY KOPASSUS n I HOPE YOU CAN MAKE ME SMILE…Semangat selalu KOPASSUSQU..

  47. aq br tau kalau perjuangan seorang kopassus itu sangat berat,palagi semenjak sahabatku jadi instruktur kopassus,aq jd banyak tau kejadian apasaja yg dialaminya,aq turut berdoa smoga para kopassus yg sdg bertugas slalu dilindungi oleh Allah swt.I love u kopassus

  48. H@I TNI q……………….!!!!!!!!!!!
    I am very very very love with you.
    You know why…………..?????????
    Cz in my eyes you are very special and perfect.

    you are heroes in my life and heroes for our country.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s