buku Harus Bisa! Seni Kepemimpinan a la SBY

Buku berjudul Harus Bisa! Seni Kepemimpinan a la SBY ini ditulis oleh Dr. Dino Patti Djalal. Dino tadinya terkenal sebagai diplomat di Deplu RI sebelum akhirnya ditunjuk sebagai Staf Khusus sekaligus Juru Bicara Kepresidenan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk urusan luar negeri.

Pada sampul depannya, tertulis di situ bahwa buku ini adalah catatan harian Dino (selama menjadi staf khusus Presiden SBY). Lho, jadi ini buku tentang leadership atau catatan harian? Dua2nya. Ini buku tentang kepemimpinan gaya SBY dan sekaligus merupakan catatan Dino tentang segala peristiwa dan cerita selama dirinya membantu Presiden SBY sebagai staf khusus.

Tapi, menurut saya, buku ini menarik karena kita juga bisa belajar banyak hal di bidang politik, sejarah, sosial dan khususnya hubungan diplomatik dan internasional. Ini karena wawasan dan kompetensi Dino sebagai diplomat dan intelektual muda yang tidak perlu diragukan lagi. Saya juga angkat topi untuk gaya bahasa yang ditulis dalam buku ini: ringan tapi tetap berbobot serta alurnya sangat mengalir, sehingga membaca buku ini seperti mendengarkan cerita si penulis secara langsung.

Buku ini dibagi menjadi 6 bagian besar:

  1. Memimpin dalam Krisis
  2. Memimpin dalam Perubahan
  3. Memimpin Rakyat dan Menghadapi Tantangan
  4. Memimpin Tim dan Membuat Keputusan
  5. Memimpin di Pentas Dunia
  6. Memimpin Diri Sendiri

Pada masing2 bagian tersebut, Dino menulis beberapa cerita tentang berbagai macam kegiatan, kebijakan, tutur kata dan tingkah laku Presiden SBY serta menggarisbawahi beberapa poin penting tentang kepemimpinan SBY. Menarik.

Beberapa pelajaran penting yang saya ambil dari buku ini antara lain:

  1. Seorang pemimpin harus bisa berpikir di luar kerangka yang ada, atau thinking outside the box. Dia juga harus selalu mendorong anak buahnya berpikir seperti itu. Berpikirlah sekreatif mungkin.
  2. Seorang pemimpin sejati harus berani mengambil resiko, karena inilah yang membedakannya dengan follower.
  3. Lakukan pendobrakan (breakthrough) namun lakukan secara cerdas dan terukur.
  4. Pemimpin harus menguasai masalah untuk kemudian membuat keputusan secara tepat dan cepat serta tahu resikonya.
  5. Pemimpin harus bisa menjaga amanah dan memegang janji.
  6. Pemimpin harus konsisten, dalam tutur kata dan perilaku.
  7. Pemimpin harus jujur, berakhlak bagus dan bermoral tinggi.
  8. Pemimpin harus bisa menjaga kehormatan dirinya, keluarga dan orang2 yang dipimpinnya.
  9. Pemimpin harus punya rasa percaya diri yang tinggi.
  10. Pemimpin harus bermental tangguh.
  11. Pemimpin harus bisa mengayomi anak buah dan mendukung anak buahnya untuk berkembang dan berkembang.
  12. Pemimpin itu harus santun dan menghormati orang lain serta elegan dalam bersikap.

Poin2 di atas mungkin sudah sering kita dengar dalam berbagai pelajaran atau kursus2 kepemimpinan. Tapi, saya rasa sangat bagus juga kalau kita terapkan pada diri kita sendiri, karena toh masing2 kita adalah pemimpin bagi diri kita sendiri dan keluarga.

Dari buku ini, saya juga menjadi lebih banyak tahu tentang siapa dan bagaimana sosok Presiden SBY ini. SBY digambarkan sebagai seorang yang cerdas (tak heran, soalnya beliau ini adalah seorang Doktor dan purnawirawan Jenderal TNI, lulusan terbaik Akmil pula). Siapa pun Presiden RI tahun 2009 nanti, saya pikir Indonesia memang butuh pemimpin bangsa yang cerdas dan brilian, yang menguasai banyak permasalahan bangsa dan punya wawasan yang luas seperti SBY.

SBY juga digambarkan sebagai seorang yang sangat memperhatikan detail dan teliti serta perfeksionis. Contohnya, beliau selalu me-review naskah2 pidatonya dan mengoreksi kata demi kata sampai beliau benar2 puas terhadap naskah pidato tersebut. Mungkin inilah yang kemudian membuat SBY dianggap sebagai seorang yang peragu dan lamban dalam mengambil keputusan oleh lawan2 politiknya.

SBY juga dituliskan sebagai seorang yang energik dan punya stamina tinggi. Pola kerjanya bahkan membuat para stafnya sempat “jungkir balik” untuk menyesuaikan dengan ritme kerja SBY yang sangat tinggi.

Dari beberapa kisah, kita juga bisa melihat sosok SBY sebagai seorang anak manusia biasa yang bisa marah, sedih, gembira dan menangis. Sesungguhnya, kehidupan sebagai seorang manusia saja sudah berat, ini masih ditambah lagi dengan tanggung jawabnya memimpin 220 juta rakyat Indonesia. Jadi, bisa dibayangkan bagaimana beratnya menjadi seorang Presiden negara Republik Indonesia ini. Herannya, banyak sekali politisi yang ingin duduk di kursi ini ya… πŸ˜€

Juga diceritakan beberapa kisah tentang sisi kemanusiaan dan sosial SBY. Beliau dikenal cukup dekat dengan para anak buahnya, walaupun dikatakan tetap “menjaga jarak” untuk alasan profesionalisme dan integritas beliau sebagai seorang pemimpin.

Di mata Dino, SBY digambarkan sebagai sosok seorang bapak, mentor sekaligus pemimpin yang mengayomi dan memberikan banyak pelajaran serta dukungan kepada dirinya. Secara pribadi, SBY bahkan menjadi saksi pernikahan Dino. Sebagai anak buah, Dino pasti sudah sering disemprot atau dimarahi. Tapi, SBY juga tak pelit memuji anak buahnya untuk berterima kasih dan memberi motivasi sekaligus.

Bagi sebagian politisi dan pihak2 yang tidak suka terhadap SBY, mungkin buku ini bisa dianggap terlalu memihak dan mengedepankan hal2 yang baik saja tentang SBY. Tapi, kalau kita berpikiran jernih, kita bisa mengambil banyak pelajaran dari buku ini. Terlepas dari siapa SBY itu.

Menurut saya, masing2 Presiden negeri ini adalah yang putra terbaik bangsa dalam memimpin bangsa ini pada masanya. Soekarno adalah putra terbaik saat Indonesia sedang berjuang untuk merdeka dan mempertahankan kemerdekaan. Soeharto adalah putra terbaik kita saat Indonesia sedang butuh pemimpin yang menarik bangsa ini dari keterpurukan ekonomi saat itu. Begitu juga presiden2 yang selanjutnya.

Dan saya pikir, sekarang SBY juga adalah putra terbaik bangsa yang terpilih untuk memimpin Indonesia. Apalagi beliau dikenal bersih, jujur, jauh dari masalah KKN dan berintegritas tinggi. Kita sebagai rakyat punya kewajiban untuk mendukung siapapun pemimpin kita, selama sejalan dengan konstitusi, Undang-undang dan tidak korup. πŸ˜€

Advertisements

67 thoughts on “buku Harus Bisa! Seni Kepemimpinan a la SBY

    1. saya seorang mahasiswi, buku ini bagus sekali,menarik dengan gaya bahasa yang sederhana tapi berbobot, buku ini banyak memberikan inspirasi bagi saya, dan dari buku ini pula kita lebih mengenal siapa sosok pemimpin kita.

  1. Salut untuk Bp Dinno Patti Djalal. Saya kagum dengan prestasinya.
    Saya juga bangga dengan kepemimpinan Bp. SBY, untuk pemilu 2009 nanti saya pasti memilih Pa. SBY lagi… πŸ˜€

  2. buku yang sangat menarik,,

    dari segi tulisan,bahasa,foto,alur,dll bagus banget

    walaupun sekarang saya baru baca setengah hee

  3. buku ini baru sy dapatkan (15/10/08) dan jujur saja sy sangat tertarik untuk membacanya.
    pa SBY memang cocok dan sangat cocok sbg figur pemimpin di Indonesia. pemimpin yg akan mengembalikan eksistensi Negara kita agar bisa tetap jaya dan diakui kedaulatannya oleh siapapun. pemimpin yang bisa menjadi tauladan bagi yg lainnya. bersih, jujur, berani, adil, bijak serta professional dalam bekerja. sy harap semua komponen bangsa mampu melihat potensi terbaik dari anak bangsa ini (SBY) agar negara kita, bangsa kita segera kembali makmur dan sejahtera. kita selayaknya saling mendukung dan berdo’a agar negara ini segera keluar dari krisis serta mendapat berkah dari yg maha kuasa (Allah Swt). amiin.

  4. baru semalem aq selesai baca seluruhnya, kesimpulannya buku ini patut dipertimbangkan untuk dibaca semua orang, bahasan cakupan juga sangat luas, ada 1 yg jadi pertanyaan neh knapa buku sebaik ini harus muncul sekarang sehingga ada beberapa temen yg curiga (kali aja meraka blom baca seluruhnya hanya lihat casingnya aja). Salut buat Bang Dino

  5. kalau dilihat dari kesehariannya sich…Bpk.SBY,sesuai dengan apa yang diceritakan dalam buku “harus bisa”, kelihatannya dia loyal terhadap tugasnya…pokoknya OK-lah………

  6. He3x.. Ngomong kalo sekarang beli bukunya dimana ya? … daku cari dari Gramedia, Uranus, Toga Mas, gak ada semua ..habis katanya… bukunya sejak bulan Juni ya..

  7. disalah satu sisi saya memandang buku ini merupakan buku yang berkonsepkan leadership dan ciri kepemimpinan bangsa indonesia yang mampu menerobos dimensi perubahan cara berpikir bangsa indonesia…
    that’s good

    but disalah satu sisi yang lain ini adalah salah satu media pencitraan dan konsep kampanye dini menuju 2009…

    hehehehe tapi salut buat dino patti djalal yang bisa merangkum segala kegiatan SBY ini …

  8. Saya juga baru baca buku ini. Untuk membaca buku ini saya pikir kita harus positif thinking dulu. Kalo dalam pikirannya alat kampanye sih mending hentikan baca buku ini πŸ˜€
    Inti buku ini adalah menggambarkan apa saja karakter yang di butuhkan untuk menjadi pemimpin Indonesia. Blueprint nya ada di buku ini. Salut buat Dr Dino Patti Djalal atas gaya bahasa ceritanya yang luar biasa juga inti dari buku ini banyak berguna buat saya.

    Dan terima kasih buat Presiden SBY atas perjuangan nya terhadap para rakyatnya meskipun kadang kebijakan membuat kita mengernyitkan dahi saya, tapi saya yakin semua untuk rakyat Indonesia.

  9. Bung Dino kapan nih, mau nulis blunder-blundernya. Wah saya ngefans banget sama bukunya Bung Dino. Harus bisa. Wah buku ini bagus banget. Gaya bahasanya ringan dan enak dibaca. Sampe-sampe orang yang pendidikannya rendah juga ngerti isi buku bung Dino. Ditunggu lho bku selanjutnya. Kalau bisa nulis yang banyak. Asyik.

  10. aku baru baca sebagian isinya, itu juga saat di perjalanan menuju caringin garut. seorang teman yang istrinya kepala sekolah kebetulan bawa buku ini. wah, isinya menurutku bagus sekali untuk dijadikan referensi bagi seorang pimpinan. teori kepemimpinan dalam buku ini menjadi lebih hidup, karena bersumber dari pengalaman seorang pemimpin. aku kagum terhadap sby. pada pemilu 2009 nanti, aku akan pilih sby.

  11. Dari sekian banyak presiden yang telah memimpin RI hanya SBY Presiden yang paling santun dan tidak pendendam, itu baru namanya Pemimpin. SBY yes, yang lain Sorrrry la yaw !!!

  12. salut to
    gaya kepemimpinan pak sby
    semoga indonesia bisa maju dan berkembang ditangan para pemimpin semacam pak SBY
    dan mudah2 para pemimpin dimanapun anda memimpin
    bisa mengambil pelajaran dari gaya kepemimpinan yang dijalankan pak SBY
    salut juga pada pak dino yang sudah menciptakan buku harus bisa

  13. jayalah terus pemimpin seperti pak SBY
    dan yang lebih baik dari pak SBY
    hancurlah pemimpin yang suka korupsi
    dan pemimpin yang menggrogoti negeri ini

    cayo pak SBY
    mudah2 ada penerusmu yang lebih baik.

  14. wah, blm baca bukunya. baru nonton launching nya aja di trans TV. tp dari cara SBY ngasih comment & jawaban gw salut banget, bs komprehensif & mengakomodir semua kalangan.

  15. SAYA JUGA BELUM BACA BUKUNYA, TAPI MELIHAT ACARANYA DI TRANS TV SEMALAM, SAYA YAKIN BANGET BAHWA SBY LAH YANG PANTAS JADI PEMIMPIN NEGARA INI, CERDAS, SANTUN, VISIONER.

  16. aku pengen beli bukunya..Harys Bisa !
    sebenarnya sudah lama pengen beli buku tersebut,namun masih menyelesaikan buku dari sadino dulu he.he
    banyak temen2 bilang seh,ini buku yang bagus..
    good luck SBY
    thanks pak dino P.J, atas kreasi bukunya

  17. sebagai anak bangsa saya sangat bangga mempunyai pemimpin seperti Pa SBY, salut buat bung Dino, so jayalah Indonesia, pilpres 2009 saya yakin SBY akan terpilih lagi menjadi presiden RI. SBY yes……….

  18. Makasih ya mas Dino dah menulis tentang idolaku, tambah suka deh ma SBY. moga beliau bs melanjutkan kepemimpinannya di pemilu yang akan datang. Pengen banget seperti beliau yang selalu POSITIF THINKING, yang susaaaaaaah banget mempraktekkannya..:)

  19. saran saya, jangan suka ngobrol omongan tapi dibuktikan kyk pak SBY.
    Terima kasih Pak Dino dan semoga segera menulisa sisi yg lain ttg SBY agar kita bisa mempraktekkannya bukan nyaci tok.

  20. Setelah melihat acara harus bisa di trans semalam, salut banget deh buat Bapak SBY. ok banget mantep banget pak dino kalo bisa dibuat buku kedua lagi.

  21. Saya semalam mengikuti acara tersebut walaupun belum membaca bukunya. Keesokan harinya, saya heran, banyak yang complain tentang acara tersebut, mereka menganggap kampanye terselubung…?
    Yang complain itu, menurut saya adalah lawan politik SBY yang takut akan keberhasilan dan kharisma SBY. Acara tersebut sama dengan acara/wawancara JK, Mega di MetroTV..jadi syah2 saja.
    Bravo SBY…Maju terus Pak..pantang mundur…!

  22. pak sby adalah the real leader and dream leader for indonesia, so pasti saya akan memlilih lagi, saya sangat ingin membaca buku itu tapi sampai skg blm akau dapatkan, salam demokrat untuk pak sby dan bung dino pati djalal, we always pray to your winner to be president amin

  23. Buat Saya…Apapun yang para Politikus atau Partai Politik Lain Sampaikan Mengenai Pak.SBY…yang bersifat Negative dan menjatuhkan…adalah merupakan usaha mereka untuk terlihat lebih baik…yang justru dimata orang awam seperti saya terlihat Dangkal…dan Tidak menggerakan Hati sedikitpun untuk mempercayakan Negri yang perlahan tengah bangkit ini di pimpin oleh mereka yang masih tidak bisa dealing with him self ( EGO ). Jangan lupa Rakyat ini tidak Bodoh…kami menilai berdasarkan hati nurani…masyarakat tidak buta…untuk bisa membedakan ketulusan hati seseorang…Bangsa kita butuh waktu dan keyakinan untuk Bangkit…dan saya merupakan satu dari 220juta Jiwa yang tengah mendukung semua prosess Kebangkitan yang tengah Bapak.SBY dan Team. Tengah Usahakan. and Trust me I am one of the Team Player…for a Better future…Salute…. πŸ™‚

    arumandarina

  24. salut buat bung Dino Patti Djalal.. dengan lugas menceritakan semua hal yang ada di dalam kehidupan Presiden RI ketika dalam sebuah masalah.
    Untuk Pak SBY salut juga mkarena mampu bertahan dalam badai masalah selama kepemimpinanya.
    Bravo INDONESIA!!!

  25. Jujur bgt! aku belum baca bukunya! Ada yg mau Minjemin Gak ya? hehe… maklum gaji cukup buat maem ajah …. (kasian amat ya!)

    Tapi aku nonton acara HARUS BISA! yg ditayangkan Trans TV.. wawwwww SBY sangat mengagumkan! aku iri dengan para undangan yg berada disana melihat langsung sosok beliau ..

    kalau dari survei aku sendiri nih!… Banyak Orang yg msh mau milih SBY asal wakilnya jgn Yusuf kalla ajah ..

    Dino P Djalal Sudah nikah ya? wah kakak ku bilang msh jomblo!… terlambat dong aku!… hehe

    Sukses buat SBY & Dino

  26. aduh aku pingin banget baca bukunya kucari kemana-mana di kuningan nggak dapat, tapi ngeliat pak sby di tv aku nggak bakal tergiur sama yang lain maju terus pak sby

  27. Pak SBY memang OK….. kata Papah & Mamah, yang lain itu hanya pintar ngomong, ber teori, janji2, sok pintar, tetapi begitu jadi pejabat…eh memble azeee.
    Beda banget ama SBY, yang sudah terbukti kehebatannya.

    Om..om..dan tante2.. yang tinggal di Kota, tolong dong kirimin bukunya…he…he…

  28. setelah melihat acara HARUS BISA di trans juara, bagaimana cara pak SBY menjawab semua pertanyaan dari audiens saya baru tersadar kalo bapak memang layak untuk jadi presiden untuk periode 5 tahun lagi.

  29. saya juga akan milih Bapak SBY lagih.. πŸ˜›
    saya dan kluarga sudah Jatuh Hati sama kepemimpinan SBY

    Tipe ke bapak an, berwibawa, bijaksana, elegan, santun dalam bertutur, ga ada sombong2nya, mau naik motor PM dan rela panas2an karna harus disiplin waktu..
    menghargai yang namany anak buah dan siapapun, jujur, tegas, tidak pilih kasih, pandai managemen smua urusan negara.. ga lupa juga dengan Akhirat.. pas skali lah “Nasionalis dan Religius”

    sudah cocoklah klo beliau jadi Presiden RI untuk periode berikutnya.. Karna sudah terbukti ..:)
    Taun berikutny pasti Indonesia bisa jadi Lebih baik lg dengan SBY sebagai Presiden kita

    buat bapak Dino,, dedikasiny amat sangat patut dbanggakan.. terima kasih pak ud buat buku ini πŸ™‚

    saya harap taun depan bapak bisa tetap bersanding dsamping Pak SBY heheeh.. amiin ..

  30. sebuah buku inspiring yang sangat luar biasa..
    bahasanya bisa diterima seluruh kalangan..
    ga pernah lepas dari kejujuran hati si penulis…
    yang menjadikan buku ini “apa adanya”
    tidak ada yang dikurangi ataupun dilebih-lebihkan….
    pemimpin dan tim yang solid…bersih…dan rendah hati….
    tidak punya rasa ingin menjatuhkan…
    dari buku ini… smua dapat belajar menjadi pemimpin yang menjadi “diri sendiri” bukan akibat nama keluarga nya yang tercatat di dalam sejarah…
    menarik, dan amat lucu….
    8 thumbs up for Dr. Dino…
    LANJUTKAN Perjuangan pemerintah ke arah yang lebih baik….

  31. itu khan karena mau dekat dengan pemilu aja pak SBY ngeluarin buku, yah gak salah sech, tapi kenapa baru sekarang.

  32. pendidikan makin mahal, harga sembako makin tinggi, kebutuhan hidup tidak tercukupi. kesehatan mah cuma orang kaya doank yang bisa menikmatinya. ini membuktikan kalau SBY gagal menjadi pemimpin bangsa yang peka terhadap kesulitan rakyat.

    1. perasaan buku ini udah lama deh,,
      for *dy
      makanya aware sama buku2 yang ada di toko buku…
      dan menurut gw…
      dia ngga gagal..
      emangnya….
      mengembalikan negara yang sudah hancur hanya dengan membalikkan tangan..
      ini negara bukan populasi yang kecillll

  33. setuju sekali dgn Statement anda yang ini
    “Dan saya pikir, sekarang SBY juga adalah putra terbaik bangsa yang terpilih untuk memimpin Indonesia. Apalagi beliau dikenal bersih, jujur, jauh dari masalah KKN dan berintegritas tinggi. Kita sebagai rakyat punya kewajiban untuk mendukung siapapun pemimpin kita, selama sejalan dengan konstitusi, Undang-undang dan tidak korup.”
    Pasti Bisa!!
    Hidup Pak SBY
    Kalo saya ini bukan Kampanye. tapi saya memang salut sekali sama Pak SBY yang tetap jalan lurus walau dihujat sna-sini.

  34. HARUS BISA!! Judul buku ini pas banget dengan slogan SBY -Bersama Kita Bisa!-
    Dan saya Harus Beli ! karena menurut teman yang saya kagumi karena pengetahuannya mengatakan, saya “Harus Punya”!!
    Buku tentang pembelajaran politik dan leadership yang ringan dan enak dibaca karena gaya bahasa Mas Dino yang menarik dan tidak menjemukan.
    Cerita Mas Dino penuh inspirasi dan energi positif, bahkan anak saya -sd kelas 3- tidak alergi dan linu2 baca buku tebal macam ini, ia sudah menyelesaikan lesson 33 “Pemimpin Yang Menyentuh Hati Dan Menyembunyikan Luka”
    Bravo Mas Dino, terus berkarya untuk bangsa.

  35. Saya mendapatkan buku harus bisa pada pertengahan bulan Februari. Setelah mendapatkan buku tersebut timbul keinginan dalam diri saya untuk mengirimkan surat kepada bapak SBY. Dua pekan yang lalu surat tersebut saya kirimkan kepada ibu Yulia Ekayanti, dengan harapan akan diteruskan kepada bapak SBY. Setalah dua pekan berselang, tepatnya pada tanggal 24 Maret 2009, saya mendapatkan telepon dari pak SBY. Sungguh suatu pengalaman yang sangat luar biasa. Terima kasih pak, motivasi dari bapak amat sangat berarti bagi saya. Saya berjanji akan terus berusaha untuk mewujudkan cita-cita saya. Maju terus Indonesia!

    1. wouuww… Beliau begitu responsif sekali yaahh…
      Hebaaat, jadi pingin kirim surat juga…
      Tapi saya yakin, apa yang dilakukan dengan niat yang baik…akan menghasilkan suatu yang baik di kemudian hari….
      menurut saya itu adalah moment yang TAKKAN pernah di lupa selama hidup… “Ditelepon PRESIDEN”….
      Tapi biarpun saya belum pernah… Tapi saya tetep seneng…karena setiap presiden pulang ke cikeas kebetulan deket rumah saya… Saya beberapa kali melihat wajah presiden langsung..yang selalu tersenyum dan menyapa rakyatnya…

      Body languagenya bisa jadi motivasi saya buat jadi rakyat yang baik…

  36. saya ini adalah salah satu orang yang sangat mengagumi bapak, hal ini sangat terbukti ketika saya membaca buku harus bisa yang ditulis dr. dino patiti djalal. seni bapak memimpin negara ini sangat elegan dan penuh karisma dan menawan. saya sangat mendukung sekali kalu bapak menjadi presiden indonesia lagi. hidup pak SBY !!!!!!

  37. alhamdulillah saya sudah baca habis buku kang dino ini, luar biasa saya terkesima dg kepribadian pak sby dan leadership yang dibangun insyaallah menjadi pondasi dasar para pemimpin Indonesia kini dan akan datang. Saya percaya baik buruk sebuah negara akan dipengaruhi bgm pemimpin mengarahkan kemudi. Pemimpin adalah jati diri bangsa dan saya mendapati Inilah wajah Indonesia sebenarnya lewat kepemimpinan pak SBY baik secara nasional maupun internasional. Pak SBY.. lanjutkan!!!!!!!!!

  38. baru pertama ini saya baca buku yang mengajarka bagaimana cra memimpin yang bijaksana.

    salut juga ama pak Dino pati djalal,

    dan pak andi malarangen

    moga SBY tetep jadi presiden

  39. Saya memahami tentang kepemimpinan dan karakter beliau (SBY). Karena saya pernah bertemu langsung dengan beliau waktu di Kairo 2004 silam.

    Semangat terus pak SBY untuk Indonesia tercinta!

  40. Semoga pak SBY menjadi Presiden terpilih di tahun 2009 ini. Amin.

    Ya Allah, hamba mohon dengan sangat! Jangan Kau biarkan masyarakat (Indonesia khusunya) yang menangis ditengah malam karena kelaparan dan tidak memiliki tempat tinggal. Amin.

    Surohimi ZA.
    Kairo-Egypt.
    Hp; +20160820339
    e-mail; surohimi_za@yahoo.com

  41. Sejauh apa yang telah dilakukan oleh Pak Susilo BY, menurut saya adalah suatu perubahan atau pergerakan menuju sebuah kemajuan yang cukup signifikan. Dan menurut saya, perubahan Indonesia memang terkesan merangkak dikarenakan kondisi Indonesia yang “jatuh” pada era kepemimpinan sebelumnya. Jadi ada baiknya Pak Sby diberikan kesempatan untuk melanjutkan perenovasian Indonesia.

  42. BPK.SBY SAYA KAGUM SEKALI DNG BPK SBY SELAIN BPK GANTENG BP JUGA SANGAT BERWIBAWA.SAYA SUKA DENGAN CARA KEPEMIMPINAN BPK YANG SANGAT BAIK.

  43. buku yang sangat bagguuusss skali.

    Bpk, sby memang pemimpin yang sangat pantas bagi Indonesia
    Karena beliau tegas, tepat mengambil keputusan

  44. Aku sangat ngfans BNGT sama BAPAK SUSILO BAMBANG YUDHOYONO …apa lagi gaya dlm brpidatonya,,,PRESENTER aja kalah,,,AQ punya usul nyar low pensiun dr presiden bkin skolah PRESENTER ja,,,hehe5″,,,,(SERIUS,PAK) AKU BANGGA PUNYA KEPALA NEGARA SEPERTI BAPAK!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s