Tato di Jidat untuk Para Koruptor

Dengan makin banyak tertangkapnya para tersangka kasus korupsi, sekarang makin santer dibicarakan hukuman apa yang paling pantas diberikan kepada para maling uang negara dan rakyat tersebut.

Publik tentu gemas ketika si ratu suap Artalyta Suryani hanya dihukum 5 tahun penjara. Ditambah lagi, menurut seorang pengamat masalah korupsi, banyak sekali terpidana kasus korupsi yang akhirnya hanya dihukum kurang dari 5 tahun karena pemangkasan masa hukuman. Lalu, kalau hanya dipenjara seumur jagung saja, di mana letak keadilannya?

Sepertinya hampir dari kita semua sepakat kalau koruptor itu harus dihukum seberat2nya. Bahkan ada usulan agar kejahatan korupsi itu disamakan dengan kejahatan karena narkoba dan terorisme. Terhadap keduanya sudah diberlakukan hukuman mati. Tentu saja ada yang pro dan kontra dengan pemberlakuan hukuman mati terhadap para koruptor. Tapi, sekali lagi, kebanyakan dari yang pro dan kontra tetap sependapat kalau koruptor itu haruslah diberi hukuman yang sangat berat. Salah satu tujuannya adalah menimbulkan efek jera kepada orang lain sehingga diharapkan angka korupsi dapat menurun.

Baru2 saja, kita mendengar berita bahwa KPK akan membuat baju khusus (mungkin akan ada tulisan ‘Koruptor’ pada baju tersebut) dan akan dipakai oleh para tersangka, terdakwa dan terpidana kasus korupsi. Katanya, hal ini dilakukan untuk menimbulkan rasa kemaluan yang membesar kepada para koruptor, sehingga diharapkan akan muncul efek jera.

Tapi, kalau hanya baju untuk terpidana kasus korupsi, rasanya kok terlalu ringan ya. Apakah cukup untuk membuat jera? Kalau melihat para tersangka kasus korupsi yang sekarang sih, rasanya saya tak sulit membayangkan mereka sudah mengenakan baju khusus dari KPK namun masih tetap cengar-cengir dan petentang-petenteng. Apa lagi kalau nanti desain bajunya trendy.

Makanya, saya usul bagaimana kalau untuk para terpidana kasus korupsi (bukan yang masih tersangka atau terdakwa ya), KPK atau pengadilan memberikan tulisan “KORUPTOR” di jidat mereka. Tulisan tersebut ditulis dengan cara ditato, sehingga tulisan “KORUPTOR” tersebut akan selalu menempel pada jidat mereka selamanya (kecuali kalau setelah bebas mereka melakukan operasi plastik ya).

Atau kalau mau lebih ekstrim, sekalian saja tulisan tersebut di-implant-kan ke bawah kulit jidat mereka, sehingga menimbulkan efek timbul dan lebih susah untuk dihilangkan karena sudah menempel di tulang tengkorak mereka.

Bagaimana? Setuju, tidak? 😀

Nah, dengan tulisan “KORUPTOR” yang menempel abadi pada jidat mereka, kita lihat apa para terpidana kasus korupsi tersebut masih bisa cengar-cengir di depan kamera para wartawan? Kalau masih, ya mungkin memang urat kemaluan mereka sudah putus!

Advertisements

5 thoughts on “Tato di Jidat untuk Para Koruptor

  1. setuju banget dengan tato di jidat tulisan “koruptor”. Tapi gw ga yakin tuh terlaksana sebab yaaah gitu deh aparatnya disuap juga, makanya kan masa hukuman bentar. karena mereka bagi bagi uang korup juga ke sipir penjara, jaksa, polisi dll. Parah…parah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s