Penultimate

Menulis berbagai macam catatan di buku tulis memang belum benar-benar tergantikan dengan aplikasi atau software apapun. Selain alasan penghematan kertas, rasanya tak ada faktor lain yang mengalahkan kepraktisan dan kenyamanan menulis dengan sebatang pulpen atau pensil di atas lembaran kertas.

Selain untuk mencatat, buku tulis biasa saya gunakan sebagai to-do list. Walaupun saya sudah mencoba beberapa aplikasi to-do list seperti TaskPaper ataupun Things, namun tetap saja ujung-ujungnya kembali ke kertas. Alasannya ya karena kepraktisan tadi karena biasanya saat bekerja atau meeting, saya membawa sebuah buku tulis untuk mencatat dan biasanya di buku itu pulalah saya menuliskan hal-hal yang harus diselesaikan.

Beberapa waktu lalu, saya mencoba sebuah aplikasi iPad yang berfungsi sebagai pencatat. Namanya Penultimate. Aplikasi ini akan mengubah layar iPad menjadi semacam buku tulis digital yang bisa ditulisi, dicorat-coret dan dibolak-balik halamannya. Sebenarnya masih ada beberapa aplikasi sejenis ini di App Store, namun dari berbagai review yang saya baca, Penultimate termasuk aplikasi yang mendapatkan rating bagus.

Fitur-fitur utama aplikasi ini antara lain adalah:

  • Pilihan ink (tinta), bisa dipilih ukuran dan warnanya. Dan ada penghapusnya juga lho.
  • Pilihan kertas, jenis kertas bawaannya ada 3 (polos, kotak-kotak, garis-garis). Kalau mau jenis kertas lain, bisa dibeli lagi secara in-app.
  • Bisa diatur menjadi beberapa notebook (buku catatan).
  • Wrist protection. Ini maksudnya adalah mencegah tangan kita ngecap di layar waktu menulis.
  • Catatan bisa di-share melalui email dalam format PDF maupun disimpan di album foto. Selain itu, sesama pengguna Penultimate juga bisa saling berbagi catatan.

Kesan saya tentang aplikasi ini setelah mencoba menggunakannya beberapa minggu adalah cukup memuaskan. Apalagi setelah saya menggunakan Pogo Sketch stylus untuk menulis. Serasa menulis di atas kertas sungguhan. 🙂

penultimate

Sementara ini saya juga masih menggunakan buku tulis biasa untuk mencatat, terutama untuk di kantor. Namun saya juga sedang mencoba untuk makin sering menggunakan Penultimate. Harapan saya sih saya bisa sepenuhnya menggunakan aplikasi seperti ini untuk mencatat. Ya biar sedikit-sedikit mengurangi penggunaan kertas juga kan? Jiyeeee… 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.