seminggu bersama iPhone 4S

Tadinya saya tidak terlalu ingin membeli iPhone 4S ini. Saya pikir, iPhone 4 yang ada masih cukup mumpuni apalagi setelah disuntik dengan iOS 5. Tapi karena keseringan membaca review-reviewnya di internet, dan terutama karena penasaran dengan Siri, akhirnya saya tergoda juga.

Maka dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim dan restu istri saya (karena uang belanja sebulan terpaksa dipotong dan harus makan tahu tempe untuk sementara), minggu lalu saya berhasil menggondol pulang sebuah iPhone 4S dari Apple Store di Hay Street, Perth.

Berikut adalah kesan saya tentang iPhone 4S setelah seminggu hidup bersamanya.

Fisik

Tak ada perbedaan yang mencolok kalau dibandingkan dengan iPhone 4. Bahkan bisa dibilang keduanya sangat identik. Saya bisa memasangkan bumper for iPhone 4 ke iPhone 4S.

Kamera

Kamera iPhone 4S mungkin adalah kamera ponsel terbaik yang pernah saya coba. Foto hasil jepretannya jernih dan tajam. Thanks to the 8 megapixels and all-new optics camera. Waktu saya coba dengan mode video, tekonologi image stabilitization-nya bekerja sangat baik. Videonya terlihat sangat smooth dan nyaris tanpa guncangan walaupun saya sengaja mengambilnya dengan setengah berlari.

Kecepatan

iPhone 4S ini terasa lebih cepat daripada iPhone 4. Yang paling sering saya rasakan adalah ketika membuka sebuah halaman dengan Safari. Tentu saja ini karena prosesor dengan dual-core A5 chip.

Siri

Fitur ini sebenarnya bisa banyak berguna buat saya. Namun sayangnya saat ini Siri masih belum terbiasa dengan lidah jawa. Kadang-kadang saya justru frustasi dibuatnya. Siri sering sekali salah menafsirkan apa yang saya katakan. Dan itu membuat saya harus mengulangi instruksi beberapa kali dan well…ujung-ujungnya malah lebih cepat kalau saya kerjakan sendiri dengan mengetik.

Menurut saya Siri adalah aplikasi yang sangat bagus tapi masih perlu banyak pengembangan. Tak heran kalau Apple masih menempeli embel-embel BETA pada Siri. Mudah-mudahan beberapa bulan lagi, Siri sudah lebih memahami kata-kata yang dikeluarkan dengan berbagai macam akses di dunia.

Berbagi

Dengan pembelian iPhone 4S ini, istri saya mewarisi iPhone 4 saya. Dan itu berarti kami bisa saling berbagi dan memaksimalkan penggunaan iCloud ataupun aplikasi-aplikasi lainnya. Sudah beberapa kali kami saling berbagi daftar belanjaan dengan Reminder app. Atau berbagi jadwal kegiatan dengan Calendar app. Dan tentu saja saling berkomunikasi dengan iMessage. 

Rekomendasi

Kalau Anda pengguna iPhone 3GS atau generasi sebelumnya, ataupun masih menggunakan ponsel merek lain, iPhone 4S adalah sebuah pilihan upgrade yang sangat bagus. Tapi kalau Anda pengguna iPhone 4, mungkin perubahannya tidak akan terasa drastis, bisa dibilang hanya Siri, kecepatan (karena prosesor yang lebih powerful) dan kamera saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s