cara mereset bacaan terjauh pada kindle

Dengan fitur Whispersync, kita bisa membaca sebuah Kindle ebook melalui beberapa peranti sekaligus. Contohnya saya sendiri yang sekarang sedang membaca biografi resmi Steve Jobs versi Kindle. 

Saya mengunduh ebook-nya menggunakan Kindle 3 dan sudah membacanya hingga Chapter 11. Kemarin pagi dalam perjalanan menuju ke kantor, tiba-tiba saya ingin membaca ebook tersebut namun saya hanya membawa iPhone. Solusinya, saya hanya perlu membuka Amazon Cloud Reader melalui Safari, kemudian membuka ebook biografi Steve Jobs tadi pada pilihan yang ada lalu secara otomatis akan muncul sebuah pop-up window yang isinya bertanya kepada saya apakah saya ingin langsung menuju halaman terjauh yang saya baca sebelumnya pada Kindle 3. 

Tadi sore, tanpa sengaja saya menekan beberapa tombol pada Kindle 3 yang membawa saya pada halaman terakhir ebook tersebut. Akibatnya, ketika saya mencoba membacanya di iPad, pertanyaan mengenai halaman terjauh telah mengacu kepada halaman terakhir. Saya baru membaca separuh buku namun Whispersync telah merekam bahwa bacaan terjauh saya adalah halaman terakhir.

Satu-satunya cara untuk ‘menghapus’ ingatan Whispersync tersebut adalah dengan meresetnya. 

Demikian langkah-langkahnya:

  1. Log in ke halaman akun Amazon. Pilih menu Your Digital Items > Manage Your Kindle > Manage Your Devices. Setelah itu, pada bagian Device Synchronization (Whispersync Settings), matikan fungsi sinkronisasinya.
  2. Pada salah satu peranti (Kindle atau iPad), keluarlah dari ebook yang sedang dibaca dan tunggu sekitar 2 menit.
  3. Buka lagi ebook tersebut dan pergilah ke halaman paling depan.
  4. Pilih pilihan sinkronisasi atau Sync to the Furthest Location. Kemungkinan masih belum berhasil pada kesempatan pertama karena lokasi terjauh masih belum seperti yang diharapkan. Tunggu 2 menit lalu ulangi proses sinkronisasi. 
  5. Jika tulisan pada pop-up window sudah mengindikasikan bahwa halaman pertama adalah halaman yang terjauh, berarti proses reset telah berhasil. Masuk kembali ke halaman akun Amazon dan nyalakan kembali fungsi sinkronisasi pada bagian Device Synchronization.
  6. Keluar sekali lagi dari ebook tersebut lalu buka kembali.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s