tentang iPhone 5

iPhone 4S sudah resmi dirilis oleh Apple sejak 3 minggu yang lalu. Sejak saat itu pula beberapa rumor tentang iPhone generasi terbaru ini terbukti tidak menjadi kenyataan. Selain disebut-sebut akan mempunyai body yang berbeda dengan iPhone 4, iPhone 4S tadinya juga dirumorkan akan disebut sebagai iPhone 5.

Mengingat iPhone 4 adalah generasi ke-4, maka iPhone generasi ke-5 tentunya akan cukup masuk akal dinamai sebagai iPhone 5. Kenyataannya, Apple malah meluncurkan sebuah iPhone baru yang secara keseluruhan tidak mengalami perubahan signifikan dibandingkan iPhone 4. Maka, wajar saja kalau Apple menamakannya sebagai 4S – sama halnya ketika 3GS diciptakan sebagai pengembangan dari iPhone 3G.

Menariknya, setelah iPhone 4S ini muncul, banyak orang masih berharap dan menunggu kelahiran iPhone 5. Tapi sayangnya sebutan iPhone 5 itu sudah ketinggalan kereta. Pasalnya iPhone generasi yang akan datang akan menjadi iPhone generasi ke-6 dan tak sepantasnya masih dinamai iPhone 5. Nama iPhone 5 sebaiknya dilipat dan disimpan di kolong tempat tidur dan tidak usah ditengok-tengok lagi. 🙂

Untuk lebih jelasnya silakan lihat tabel berikut:

Dapat dilihat bahwa iPhone 4 adalah satu-satunya iPhone yang embel-embel namanya dinamai sesuai dengan urutan generasinya. Orang mungkin sering lupa kalau kata “3G” pada iPhone 3G itu bukan menunjukkan generasi ke-3, melainkan karena iPhone 3G adalah iPhone pertama yang bisa beroperasi dalam jaringan 3G. Original iPhone adalah ponsel 2G, yang hanya bisa berjalan pada jaringan GSM, GPRS dan EDGE.

Penamaan yang masih bisa “urut” mungkin masih berlaku buat iPad. Karena generasi keduanya dinamai iPad 2, maka kita masih bisa berharap kalau iPad generasi ke-3 akan diberi nama iPad 3. Kecuali kalau Apple hanya mengeluarkan versi S-nya dan kemudian tahun depan kita akan melihat iPad 2S yang dirilis. 🙂

Apple, yang terkenal sebagai perusahaan yang sangat peduli dengan hal-hal yang detail, tentunya tak akan “ceroboh” menamai iPhone generasi ke-6 dengan embel-embel angka 5 di belakangnya. Jadi, mari kita tunggu saja akan dinamai apa iPhone berikutnya yang kemungkinan besar akan diluncurkan tahun depan itu.

One thought on “tentang iPhone 5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s