mendigitalkan hasil kerajinan tangan Luna

Selama di Perth, Luna banyak sekali mengikuti kegiatan-kegiatan kreatif di perpustakaan dan hasil karyanya biasanya ditempel di tembok apartment kami. Setelah hampir satu setengah tahun, sudah terkumpul sekitar 22 buah artwork yang hampir memenuhi salah satu sisi tembok di ruang keluarga. Lalu saya terpikir bagaimana jika artwork buatan Luna tersebut didokumentasikan ke dalam bentuk digital (foto) dan kemudian disimpan sehingga kelak akan terus bisa dinikmati hingga Luna dewasa. Lagi pula karena ini apartment sewaan, pada akhirnya kami pun harus menurunkan karya-karya Luna tersebut dari tembok begitu masa sewa habis.

Untuk menyimpan versi digital artwork buatan Luna, saya memilih menggunakan aplikasi Evernote. Alasannya karena Evernote menyediakan sarana penyimpanan awan (cloud) sehingga apapun yang saya simpan di situ akan mudah diakses dan dibuka dari mana saja (melalui komputer, iPad maupun smartphone).

Proses pendigitalan dan pengunggahan semua artwork tersebut cukup mudah. Pertama-tama, saya menggunakan kamera iPhone 4S untuk mengambil gambar setiap artwork satu per satu. Karena saya mempunyai akun iCloud, maka secara otomatis foto-foto tadi akan tersimpan di Photo Stream dan bisa saya akses melalui Mac.

Mengunggah melalui Mac ini terpaksa saya lakukan karena ternyata mengunggah banyak file dengan ukuran masing-masing file lebih dari 2MB melalui Evernote for iPhone sangatlah lambat, atau bahkan sering gagal. Padahal saya punya 22 foto yang ingin saya unggah ke Evernote. Dengan mengunggah via Evernote for Mac, prosesnya akan lebih cepat, handal dan mudah.

Setelah semua foto tadi berhasil saya unggah ke Evernote, proses selanjutnya adalah merapikan nama, tag dan notebook. Total waktu yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan ini kurang lebih 30 – 45 menit.

Dan sekarang semua hasil karya Luna yang berupa gambar, scrap works, dan sebagainya itu sudah terdigitalisasi dan tersimpan di server Evernote. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s