latihan lari

Latihan lari? Serius lo? Mungkin sebagian orang akan berpikir seperti itu. Buat apa latihan lari kalau lari sendiri saja bisa. Saya memang mulai berusaha rutin berlari minimal 2 kali seminggu. Lalu kenapa masih butuh latihan lari?

Alasan saya cuma satu: saya ingin lari saya lebih baik. Lebih baik dalam arti apa? Lebih baik dalam hal kualitasnya. Karena setelah saya membaca-baca beberapa artikel tentang olahraga lari, untuk bisa lebih bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan, lari pun ada “aturan”-nya. Jadi tidak asal lari sekian kilometer beberapa kali seminggu. 

Maka dari itu, saya mengikuti program latihan lari untuk pemula dengan harapan kualitas dan teknik berlari saya bisa menjadi lebih baik. Untungnya di Perth ada banyak kelompok-kelompok lari. Salah satunya adalah yang saat ini baru mulai saya ikuti, The Running Centre.

Supaya lebih terarah, pelatih dari program ini mematok target bagi setiap pesertanya. Target yang saya canangkan (atas diskusi dengan si pelatih) adalah lomba lari 10K pada awal bulan April 2012 nanti. Untuk mencapai ke situ, saya sudah diberikan jadwal-jadwal berlari yang berbeda-beda jenisnya: interval, run throughs ataupun easy run. Setiap 8 minggu, saya akan berkonsultasi lagi dengan si pelatih untuk mengevaluasi hasil latihan saya. 

Tadi sore adalah jadwal latihan yang pertama, yaitu berupa latihan lari interval: 1.7 kilometer dengan pace sedang dan sekitar 500 meter dengan pace tinggi. Di setiap jeda, peserta bisa beristirahat sekitar 1 menit. Begitu seterusnya hingga kelar 3 set. 

Ternyata di antara para peserta lain, kondisi fisik saya termasuk yang paling payah. Saya terus-terusan kedodoran dan tertinggal di barisan belakang. Tapi itu membuktikan bahwa ternyata setelah selama beberapa bulan ini rutin berlari, kondisi fisik saya masih jauh dari rata-rata orang yang suka berlari. 

Mudah-mudahan latihan lari ini benar-benar memberi manfaat yah. 🙂

One thought on “latihan lari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s