review: logitech tablet keyboard for iPad

Sudah cukup lama saya ingin mencoba bagaimana rasanya mengetik di iPad dengan keyboard fisik. Beberapa model yang ada di pasaran sekarang pun sudah saya pelajari dari hasil review di internet, tapi itu belum membuat saya memutuskan untuk membeli sebuah keyboard untuk iPad.

Memang di rumah ada sebuah iMac yang menggunakan Apple Wireless Keyboard. Tapi karena ternyata keyboard buatan Apple ini tidak bisa di-unpair dengan iMac (selama dia menjadi satu-satunya keyboard yang terhubung dengan iMac), saya pun belum bisa memasangkannya dengan iPad.

Sampai akhirnya saat Boxing Day beberapa waktu yang lalu di mana hampir semua toko menawarkan diskon besar-besaran, saya menemukan sebuah Logitech Tablet Keyboard for iPad yang dijual hanya 50% sahaja dari harga aslinya. Saya ingat bahwa keyboard ini cukup mendapatkan rating yang bagus dari beberapa hasil review. Maka, saya putuskan untuk membelinya.

Fisik.

Dari segi ukuran, keyboard ini cukup kompak dan tak berbeda jauh dibandingkan dengan Apple Wireless Keyboard. Namun waktu saya bandingkan beratnya, terasa kalau Apple Wireless Keyboard sedikit lebih ringan.

Tubuhnya terbuat dari plastik berwarna hitam dan dilengkapi dengan semacam case yang bisa diubah menjadi penyangga iPad jika sedang digunakan. Case-nya juga terbuat dari plastik dengan lapisan semacam kain beludru dibagian dalamnya. Desainnya cukup kokoh untuk melindungi keyboard jika sedang berada di dalamnya. Tapi menurut saya bahan plastiknya sedikit agak terasa ‘murahan’.

Mirip dengan Apple Wireless Keyboard, pada keyboard ini juga terdapat bagian berbentuk silinder yang merupakan tempat penyimpanan batere. Keyboard ini menggunakan 4 buah baterai AAA yang sudah terpasang saat masih dalam box-nya.

Pairing.

Proses pairing dengan iPad via Bluetooth terbilang sangat mudah. Setelah keyboard diaktifkan (lampu indikator baterai dan koneksi Bluetooth akan segera menyala), aktifkan Bluetooth pada iPad. Saat keyboard sudah terdeteksi oleh iPad, pada layar iPad akan muncul pesan yang berisi kode pairing. Kita hanya diminta mengetik kode tersebut dan….voila! Terhubunglah sudah sang keyboard dengan iPad. 🙂

Kedua lampu indikator pada keyboard akan mati beberapa saat kemudian, namun keyboard tetap akan terkoneksi. Mungkin tujuannya untuk menghemat Baterai.

Fungsi.

Layout tombol-tombolnya mirip dengan Apple keyboard dengan beberapa tambahan tombol yang mempunyai fungsi yang spesifik. Di ujung kiri atas, yang biasanya ditempati oleh tombol Escape pada keyboard pada umumnya, terdapat sebuah tombol yang berfungsi sama seperti tombol Home pada iPad. Kemudian ada tombol Fn yang jika dikombinasikan dengan tombol angka tertentu akan menghasilkan beberapa fungsi seperti pengaturan volume, pemanggilan keyboard virtual (on-screen keyboard), pengaturan lagu yang sedang dimainkan, pengaktifan slide show dari Photo Library serta penguncian layar iPad.

Baterai.

Untuk yang satu ini terus terang saya belum benar-benar mengujinya karena tingkat penggunaan saya yang belum terlalu intensif. Di website resmi Logitech, baterai keyboard ini diklaim bisa tahan selama 10 bulan dalam pemakaian yang normal.

Salah satu kekurangannya adalah lampu indikator baterai yang berada di sisi kanan atas keyboard ini tak menyediakan indikator umur baterai. Jadi pengguna tidak akan tahu persis berapa lama sisa umur baterai.

Kesimpulan.  

Walaupun di pasaran ada beberapa pilihan keyboard untuk iPad yang bisa berfungsi juga sebagai case iPad, saya lebih memilih opsi model seperti Logitech Tablet Keyboard ini. Alasannya karena saya cukup sering menggunakan iPad tanpa memerlukan keyboard. Untuk ke kantor, misalnya, saya tak merasa perlu membawa serta keyboard ini setiap hari.

Namun demikian, seperti yang saya sebut di atas bahwa keyboard ini cukup kompak. Kita bisa memasukkan iPad dan keyboard ini sekaligus ke dalam sebuah tas ukuran kecil atau sedang tanpa membuat tas terlihat bulky.

Sebagai alternatif Apple Wireless Keyboard, produk ini cukup solid dilihat dari segi kinerja, desain dan kenyamanan penggunaan. Kekurangannya adalah tidak adanya indikator umur baterai dan bahan plastiknya yang terasa agak ringkih.

Overall, produk ini cukup direkomendasikan. Apalagi kalau bisa dapat diskon 50% seperti saya. 😀

One thought on “review: logitech tablet keyboard for iPad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s