on comments

Beberapa blogger luar menulis tentang mengapa mereka tidak menggunakan fitur komentar pada blog mereka, seperti tulisan Matt Gemmel ataupun MG Siegler ini. Beberapa blog bacaan saya juga tidak memiliki fitur komentar seperti Daring Fireball, The Brooks Review, blog milik Marco Arment, Zen Habits, blog milik Shawn Blanc dan masih banyak yang lain.

Kebanyakan dari mereka adalah blogger yang blognya sudah memiliki ribuan pembaca setia. Alasan mengapa mereka mematikan fitur komentar juga kurang lebih sama. Dengan tidak adanya tempat untuk memberi komentar bagi pengunjung atau pembaca blognya, mereka meminimalisasi komentar-komentar yang tak relevan atau komentar-komentar sampah. Komentar di blog dianggap tidak penting dan tidak memberikan kontribusi yang berarti bagi blog dan pembacanya. Oleh karenanya, para pemilik website tersebut mengarahkan para pembacanya menggunakan medium email, Twitter atau bahkan menulis respon atas tulisan mereka di blog si pembaca itu sendiri.

Bisa dibayangkan sih bagi mereka yang blognya sudah dikunjungi ribuan orang per harinya, keberadaan fitur komentar pasti cukup merepotkan. Apalagi harus memoderasi jika ada spam ataupun komentar-komentar yang tak relevan.

Saya sendiri sebenarnya sudah mulai tidak memasang fasilitas komentar pada blog saya sejak kurang lebih 1.5 tahun yang lalu. Apalagi sejak pindah ke Tumblr yang secara default tidak memiliki fitur comments. Tidak ada masalah sih, apalagi pembaca blog saya hanya 1 atau orang per hari. 😀

Namun, saat pindah kembali ke WordPress.com ini beberapa hari yang lalu, saya kembali membuka fitur komentar kecuali untuk posting-posting yang bersifat menginformasikan tautan tertentu (posting dengan kategori Link). Saya pikir tidak ada relevansinya orang mengomentari tautan yang saya tulis di situ. Kalaupun ada, saya berharap bisa disampaikan lewat email atau Twitter, tapi saya yakin jumlahnya akan sangat minimal atau bahkan tidak ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s