road to 10K: week-1

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya bahwa saya saat ini sedang mengikuti program latihan lari. Target jangka pendeknya adalah mengikuti lomba lari 10K (10 kilometer) yang akan diadakan pada tanggal 1 April 2012 nanti. Sedangkan target berikutnya adalah lari Half Marathon (21 kilometer) yang mungkin baru bisa saya ikuti bulan September atau Oktober tahun ini. Event-nya masih dicari…hehehe.

Pelatih saya memang memberikan target seperti itu supaya program latihan lari saya bisa lebih terarah dan fokus. Nah, saya baru saja melewati minggu pertama dari keseluruhan program jangka pendek tersebut. Untuk menambah motivasi saya, setiap akhir minggu saya akan melaporkan kegiatan latihan selama seminggu di blog ini.

Setiap minggu saya diberi jadwal untuk latihan 3 kali, yaitu setiap hari Senin, Kamis dan Sabtu. Khusus yang hari Senin, saya bisa melakukannya bersama-sama dengan peserta program yang lain di Hyde Park, salah satu taman di salah satu sudut kota Perth. Tapi untuk yang Kamis dan Sabtu, saya bisa melakukannya secara mandiri dan menentukan sendiri di mana tempatnya dan kapan waktunya (pagi atau siang ataupun sore).

Jenis latihan larinya juga dibuat berbeda untuk setiap hari latihan tersebut. Hari Senin adalah waktunya untuk interval training, Kamis untuk easy run sedangkan Sabtu adalah jadwalnya untuk long run. Jeda hari diantara hari-hari tersebut dialokasikan untuk beristirahat dan stretching.

Hari pertama program (interval run) pada hari Senin yang lalu dilakukan bersama dengan sekitar 20 peserta lainnya di Hyde Park. Menu latihannya adalah mengelilingi taman tersebut sebanyak 1 kali (jaraknya sekitar 1.7 kilometer) dengan pace ringan/sedang, kemudian istirahat 1 menit, lalu dilanjutkan dengan mengelilingi danau yang berada di tengah-tengah taman tersebut sebanyak 2 kali dengan pace yang lebih tinggi. Keliling danau mungkin panjangnya sekitar 500 – 700 meter. Setelah itu istirahat kembali sekitar 4 menit sebelum mengulang kembali dari awal (keliling taman satu kali dan seterusnya).

Buat saya, latihan seperti ini lumayan berat. Baru selesai satu set, rasanya nafas sudah hampir putus. Tapi buat peserta-peserta lain, lari seperti itu terlihat ringan-ringan saja. Buktinya mereka bisa jauh meninggalkan saya di belakang. Bahkan yang saya kagum itu ada 2 orang anak kecil mungkin umurnya sekitar 10 – 12 tahun tapi larinya luar biasa cepat. Mereka berdua selalu berada di barisan terdepan mengalahkan para peserta lainnya yang sudah dewasa.Hebatnya mereka seperti tak kelelahan sama sekali.

Latihan hari pertama ini tidak saya selesaikan hingga tuntas karena ada satu dan lain hal yang mengharuskan saya pamit pulang lebih dulu dari tempat latihan. Namun demikian walaupun tidak kelar, badan dan kaki tetap saja terasa remuk. 😦

Latihan berikutnya, yaitu easy run selama 30 menit, saya lakukan pada hari Kamis. Menurut panduan dari pelatih saya, easy run ini yang penting adalah steady. Jadi tak perlu cepat-cepat, pace sedang, tapi diusahakan bisa stabil kecepatannya selama 30 menit tersebut. Saya memilih berlari pada pagi hari sebelum berangkat ke kantor. Report larinya adalah seperti yang terlihat di bawah ini (diambil dari Nikeplus.com):

Saya berhasil mencapai jarak 5 kilometer lebih sedikit dalam kurun waktu 30 menit tersebut. Dalam hal kecepatan (pace), terlihat bahwa lambat laun saya berlari semakin lambat.

Latihan sesi berikutnya adalah long run selama 50 menit yang saya lakukan pada Sabtu pagi kemarin. Seperti halnya easy run, kestabilan pace adalah yang perlu dijaga saat long run. Maka dari itu dari awal saya berlari dengan santai saja. Berikut adalah report-nya:

Alhamdulillah, saya bisa berlari sepanjang 8 kilometer dalam kurun waktu 50 menit tersebut. Bisa dibandingkan pace-nya dengan easy run, kali ini saya berlari lebih pelan dan masih melambat namun relatif lebih stabil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s