is 2012 the beginning of the end for blackberry in southeast asia?

Jon Russel berpendapat bahwa 2012 adalah awal dari berakhirnya kejayaan Blackberry di Asia Tenggara. Walaupun saya setuju dengan beberapa bagian dari tulisan tersebut, tapi menganggap tahun ini adalah era meredupnya Blackberry di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, rasanya terlalu dini.

Setidaknya ada 4 hal yang membuat Blackberry masih akan menikmati manisnya pasar Indonesia paling tidak hingga 2 tahun ke depan (saya fokuskan Indonesia-nya karena saya kurang paham perilaku konsumen negara-negara tetangga).

  1. Seperti yang disebutkan di tulisan tersebut, harga Blackberry relatif lebih murah dan terjangkau oleh kebanyakan orang.
  2. Orang Indonesia suka berkomunikasi dengan medium teks. Dulu melalui SMS, sekarang ya via BBM itu. Saya tak punya data berapa persen pengguna Blackberry yang aktif menggunakan BBM, namun dugaan saya sangat banyak. Dugaan saya juga, keaktifan mereka menggunakan BBM itu membuat mereka menjadi ‘terikat’ dengan grup-grup tertentu (namanya Blackberry Messenger Group?). Mengalihkan jutaan orang beralih dari BBM untuk menggunakan aplikasi lintas platform semacam Whatsapp juga bukan perkara mudah. Menurut saya akan lebih mudah terjadi kalau sebaliknya: BBM menjadi lintas platform yang bisa diakses via ponsel non-Blackberry. Tapi itu mungkin jadi senjata makan tuan buat Blackberry ya. 🙂
  3. Orang Indonesia terbiasa menenteng ponsel lebih dari satu. Sebagian orang memang pengguna iPhone atau ponsel berbasis Android, tapi ponsel kedua mereka bisa saja tetap Blackberry.
  4. Kualitas sinyal seluler di Indonesia sering kurang memuaskan dan tidak stabil. Bagi pengguna iPhone ataupun Android, hal ini bisa sangat mengganggu. Tapi bagi pengguna Blackberry, dengan kondisi sinyal GPRS saja mereka masih bisa berkomunikasi via email atau BBM.

One thought on “is 2012 the beginning of the end for blackberry in southeast asia?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s