Menukar iPad yang Retak dengan Sebuah iPad yang Baru

Beberapa waktu yang lalu, iPad saya jatuh ke lantai dan layar kacanya pun retak. Retaknya tak terlalu parah sih, tapi memanjang dari atas ke bawah dan ada bagian yang retakannya kecil-kecil yang kemungkinan lama kelamaan bisa melukai jari.

Anak-anak saya sering sekali menggunakan iPad ini dan tentu saja saya khawatir kalau retakan tersebut bisa melukai jari mereka. Maka 2 hari yang lalu, saya mendatangi Apple Retail Store Perth City untuk menukarkan iPad tersebut dengan yang baru.

Saya menduga pasti ada biaya yang harus dikeluarkan karena menurut saya ini bukan jenis kerusakan yang ter-cover dalam garansi iPad, walaupun umur iPad tersebut belum setahun. Oleh karenanya saya sudah bersiap-siap merogoh kocek.

Sesampai di sana dan disambut oleh seorang pramuniaga, saya bilang kalau saya ingin menukarkan iPad saya karena retak. Lalu dia menjawab bahwa saya mesti mendaftar ke antrian Genius Bar untuk mendapatkan pelayanan penukaran iPad. Dia menambahkan bahwa biasanya untuk kasus layar kaca yang pecah, biayanya adalah separuh dari harga iPad yang baru dengan tipe yang sama. Wah, setelah saya hitung-hitung saya mesti membayar sekitar A$280 nih. Ya sudahlah, daripada anak-anak jarinya terluka saya pun berjalan mendaftarkan diri untuk mengantri ke Genius Bar.

Setelah menunggu sekitar satu jam, tiba giliran saya untuk dilayani oleh petugas Genius Bar. Salah satu dari mereka mendatangi saya dan menanyakan tujuan saya ke Apple Store tersebut. Saya perlihatkan iPad yang retak tersebut dan bersiap membayar.Β Tapi yang terjadi di luar dugaan. Setelah petugas tersebut melihat fisik iPad saya dan kacanya yang retak, dia bilang bahwa karena retaknya masih minimal maka Apple akan menggantinya dengan sebuah iPad yang baru for free. Iya betul, sekali lagi gratis! πŸ™‚

Dia pun membawa masuk iPad saya yang retak dan tak lama kembali dengan sebuah iPad yang baru dengan kapasitas dan model yang sama (16GB Wi-Fi only, Black) di tangannya.

Alhamdulillah saya sekarang punya sebuah iPad yang baru lagi. Thanks, Apple. πŸ™‚

34 thoughts on “Menukar iPad yang Retak dengan Sebuah iPad yang Baru

  1. ahaaaaa, kereeen sekali ya pelayanan di sana, kalau di sini, pasti akan di monetize semaksimal mungkin. apalagi kalau orangnya malah sudah siap duit dan sanggup bayar πŸ™‚

  2. Saya juga barusan kemaren MENUKAR dengan iPad baru… ceritanya sekitar satu bulan lalu saya service iPad karena beberapa touch panel ndak aktip. Terus sepertinya juga mendapatkan iPad tapi saya ndak yakin baru di salah satu distributor Apple di Yogyakarta

    Ternyata masalah ndak macet sampai disini, baru beberapa hari make ter INDIKASI kalau HOME button sering #GagalFaham ndak mau di pake dan untungnya iOS 5 ada mencubit dan memencet sehingga ketergantungan HOME BUTTON bisa hilang. Akan tetapi lama2 ndak nyaman juga.. secara HOME BUTTON biasa saya pake untuk SCREENSHOT

    Akhirnya saya bawa ke salah satu RESELLER di YOGYAKARTA dan saya memasukkan sekitar tanggal 13 Februari… diluar dugaan RESELLER ini kecepatannya luar biasa… karena tanggal 17 Februari kami langsung mendapatkan khabar kalau iPad diganti UNIT yang baru. Mungkin waktunya terlalu lama kalau dibanding dengan mas Fisto yang hanya butuh hitungan menit. Tapi secara YOGYA yang harus laporan ke JAKARTA itu sudah SANGAT cepat. mengingat juga sewaktu service yang pertama saya membutuhkan waktu 3-4 Minggu.

    Well done Apple Care

  3. aduh kasus sama nih kaca retak, untuk CLAIM lebih baik di tujukan kemana yah??.. ada RECOMMEND untuk RESELER di jakarta?

  4. Saya bawa ke yg reseler di pvj dsuruh bayar 3,9jt untuk penggantian unit yg baru dgn tipe ygsama… Waktu penggantian seminggu…

  5. iPad saya jg jatuh dan retak2 kacanya. Bawa ke Ratu plaza. Tp saya dikenakan biaya 3.8 jt utk penggantian keseluruhan casingnya. N harus nunggu 1 bln, ken inden 😦

  6. oh ya, kebetulan saya punya masalah juga retak layarnya 😦 apa di setiap apple store, ad pelayanan genius bar nya kah ?

  7. Enak banget apple di sana. Kalau di indonesia semua apple store bener2 payah. Kerusakan krn human error tidak akan masuk garansi. Dan yg lebih parahnya kerusakan sparepart sekecil apapun tdk bisa diservice / ganti sparepartnya, tapi harus di exchange dgn biaya yg tdk masuk akal 3.9 jt ( sementara kerusakan hanya retak kaca pelindung ). Jadi menurut sy produk apple diindonesia ini sangat tdk rekomen utk anak2 krn resiko rusaknya besar, dan harus tdk boleh rusak…

  8. Mas ipad saya juga kacanya retak .. biaya exchange nya 3,7 nunggu waktu 30-60 hari, kenapa lama ya? memang prosesnya gimana sampe selama itu, thanks

  9. Pagi mas, baru kemarin ipad saya jatuh oleh anak saya sehingga jd retak, persis seperti cerita di atas retaknya dua garis dr atas kebawah membentuk segitiga..tapi masih halus, ketika touch gk terasa ada retakan. Saya mau tanya…kalau kita bawa ke apple store apakah harus lengkap dg dus2nya n kartu garansi atau tidak yah? Krn sy skr berada di lampung sdgkan kelengkapan di jkt. Dan apakah ada info utk apple store di lampung ?? Makasih banyak sebelumnya..

    1. Apple store yang resmi belum ada di Indonesia. Kalau reseller-nya sih ada. Coba saja browsing di internet…
      Kalau saya dulu sih hanya unit iPad-nya saja yg saya bawa.

  10. Ka ipad aku jatuh layarnya berubah wrn, itu kira2 kalau saya bawa ke ibox bisa kena biaya tidak ya? Masalahnya ipad saya sdh tdk ada garansi 😦

  11. mau bagi2 info sedikit, 2 hari lalu ipad gw jg jatuh dan layarnya jadi berubah biru kadang suka ada garis2 yg bergerak, kalo masih garansi coba dateng ke ibox ratu plaza deh, ipad gw akhirnya di claim dan ganti ipad baru,cuma waktunya lama sekitar 4bulanan. kalo garansinya sudah ga ada sekitar 3,8jt biaya penukaran sm ipad baru.

  12. sekalian nih buat yg ipadnya retak gw nguping orang yg disamping gw,nah dia ipad nya retak cukup parah sih, itu di tolak sama ibox walaupun ipadnya masih bergaransi, kalo mau ditukar yg baru kena biaya sekitar 3,8jt juga sih se pendengaran gw.

    1. Betul sekali. Apple biasanya mengganti dengan unit yang baru dan dikenakan biaya penggantian. Dulu kalau gak salah saya dikenakan biaya separuh dari harga iPad yang baru dengan tipe dan model yang sama.

  13. Ipad sya jg rusak.. gara2 anak sya yg paling kecil g sengaja naruh ipad dbawah mobil pas dblakang ban.. kronologisnya tuh dia kejar kucing ksayangannya sambil bawa” tu ipad. Nah wkt sya mo kluar mundurin mobil kyk terganjal sesuatu, eh trnyata ada ipad udah separoh badan kelindas ban.. nah alhasil ipad sampe bengkok menganga gt, dhidupin masih bisa tpi gambar ilang sparo dan g bisa diapa”in cmn bisa on off aja. Tuh dbawa k apple store terdekat masih bisa dganti yg baru g ya.. bayar separo jg gpp, dripada rugi banyak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s