pemulihan lutut

Kemarin sore saya kembali mendatangi seorang Physiotherapist. Kali ini physiotherapist yang spesialisasinya memang cedera karena lari atau bersepeda. Saya datang ke sana untuk menuntaskan urusan cedera lutut kanan saya.

Dibandingkan physiotherapist yang minggu lalu saya datangi, yang satu ini lebih handal dan terlihat sangat menguasai permasalahan. Cara berkomunikasi dengan pasiennya (dalam hal ini saya sendiri) pun lebih bagus. Kali ini saya merasa lebih nyaman. 🙂

Si physiotherapist menjelaskan bahwa ada 3 otot yang mengikat tulang di daerah lutut tempat rasa sakit yang sedang saya alami sekarang. Dari ketiga otot tersebut, ada 2 otot yang menurut dia memang saat tegang sehingga menarik tulang di bagian lutut dan menimbulkan rasa sakit.

Physiotherapist ini kemudian melakukan beberapa tahapan pemeriksaan, termasuk menyuruh saya untuk jongkok dan berdiri serta beberapa gerakan lain untuk memastikan sumber penyebab rasa sakit. Setelah itu dia memberikan pijatan ultrasonic selama 6 menit di daerah lutut yang terasa sakit.

Untuk sementara lutut saya diikat dengan semacam perban besar untuk mengurangi gerakan yang berlebihan atau terlalu berat. Dan untuk seminggu ke depan, saya dianjurkan untuk tidak lari dulu. Selain itu, saya diminta untuk rutin melakukan gerakan stretching ringan dan minum anti-inflammantory untuk membantu menghilangkan rasa sakit.

"Resep" dari physiotherapist yang mesti saya jalani untuk penyembuhan lutut.

Mudah-mudahan rasa sakit di lutut ini bisa cepat hilang dan saya bisa kembali lari. Amin. 🙂

4 thoughts on “pemulihan lutut

  1. saya pernah cedera seperti ini, waktu sampai tidak terasa nyeri dipakai beraktifitas sekitar 3 minggu. lama dan bikin ngga sabar 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s