road to 10K: week-6, week-7 and week-8

Saya sengaja merangkum kegiatan lari saya tiga minggu terakhir ini ke dalam satu tulisan saja. Alasannya adalah karena dalam kurun waktu tersebut, saya hanya melakukan satu jenis kegiatan: beristirahat, alias tidak lari.

Seperti yang sudah pernah saya tulis sebelumnya, program latihan lari saya agak terganggu dengan cedera pada lutut kanan saya. Saya menjadi tidak bisa menjalankan latihan-latihan lari yang sudah ditentukan dalam program tersebut secara maksimal.

Akhirnya, atas saran dari physiotherapist yang menangani cedera lutut saya, saya terpaksa mengambil break selama kurang lebih 3 minggu. Selama masa break, saya tidak semata-mata berhenti berlari melainkan mesti menjalankan beberapa program stretching dan pengompresan lutut dengan es secara teratur.

Minggu ini adalah minggu pertama setelah masa istirahat tersebut. Untuk bisa kembali berlari seperti semula, saya diharapkan bisa mulai berlatih lari lagi namun dengan intensitas dan frekuensi yang sangat minimal untuk kemudian meningkat secara bertahap. Ini untuk melihat bagaimana respon lutut saya setelah masa istirahat tadi. Kalau membaik, maka program lari saya akan dilanjutkan untuk mencapai target 10K. Kalau ternyata masih sakit, berarti saya harus lebih bersabar menjalankan latihan pemulihan secara perlahan.

Doakan saya! 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s