how I got a full refund from Apple

Saat ini, saya memegang dua akun Apple atau Apple ID. Keduanya masih aktif namun saya gunakan untuk keperluan yang berbeda. Akun yang pertama saya gunakan sebagai akun utama saya untuk email dan iCloud, sedangkan akun kedua lebih banyak saya gunakan untuk pembelian game atau aplikasi dari App Store ataupun konten lain seperti musik atau film melalui iTunes Store. Beberapa minggu yang lalu, akun yang kedua ini juga saya gunakan untuk berlangganan layanan iTunes Match yang berlaku selama setahun.

Kedua akun tersebut memiliki password yang berbeda, namun berbagi nomer kartu kredit yang sama untuk bertransaksi.

Beberapa hari yang lalu, saya melakukan beberapa transaksi pembelian lagu melalui iTunes Store pada iMac saya. Saya tidak menyadari kalau saya sedang bertransaksi dengan akun pertama saya. Bahkan setelah memasukkan password pun saya tetap tidak aware bahwa akun yang aktif saat itu bukan akun yang kedua.

Maka terjadilah pembelian beberapa lagu dengan akun pertama saya.

Selang sepuluh menit kemudian saya baru ngeh bahwa saat itu tidak ada ikon awan kecil di setiap judul lagu sebagai tanda bahwa iTunes Match sedang aktif. Saya pun langsung mengecek ke menu bar dan memang di situ ada menu untuk menyalakan fitur iTunes Match yang sedang akfif (Turn on iTunes Match). Saya klik pilihan menu tersebut dan halaman untuk melakukan pendaftaran iTunes Match pun muncul di layar. Pilihannya adalah Cancel atau Subscribe to iTunes Match (A$34.99).

Pikiran saya saat itu adalah: ‘Karena saya sedang berlangganan iTunes Match, maka kalau saya klik tombol subscribe ini, sistem secara otomatis akan mengetahui dan tidak akan melakukan penagihan kembali’. Saya memang cerdas, Saudara-saudaraku. Dan saya klik tombol subscribe tersebut. 😦

Berikutnya muncul halaman yang menyatakan bahwa proses berlangganan sudah sukses dan setelahnya muncul halaman yang menampilkan proses bertahap untuk membuat iTunes Match berfungsi sempurna (memindai koleksi lagu di iTunes, mengunggah ke server dan seterusnya).

Pada saat itulah saya baru tersadar bahwa saya menggunakan akun yang salah. Berarti saya telah mendaftarkan diri untuk berlangganan iTunes Match dengan dua akun yang berbeda. Berarti saya telah membayar untuk berlangganan iTunes Match dua kali!

Untungnya saya orangnya kalem, tenang, santai, baik hati dan tidak sombong. Setelah menarik nafas dalam-dalam sebanyak 7 kali, saya pun membentur-benturkan kepala ke meja log out dari akun pertama dan log in dengan akun yang kedua, sekedar untuk mengecek apakah dengan akun kedua ikon-ikon awan kecil akan muncul pada daftar lagu. Ternyata ikon-ikon awal kecil muncul, yang artinya iTunes Match sudah aktif dengan akun kedua.

Langkah berikutnya, saya menulis sebuah email ke iTunes support dan menyampaikan apa yang telah terjadi. Inti email tersebut, saya mengaku khilaf dan telah melakukan pembelian kembali untuk layanan berlangganan iTunes Match dengan akun saya yang lain. Lalu, pada bagian akhir email saya meminta kebijaksanaan Apple untuk mengembalikan uang saya (refund).

Keesokan harinya, saya sudah menerima sebuah email balasan dari salah satu staf Apple. Jawabannya begitu friendly dan dia berjanji akan meneruskan masalah saya ke bagian terkait. Selang dua hari kemudian (atau tadi malam), saya menerima sebuah email dari staf yang lain yang mengatakan bahwa mereka menyetujui permohonan refund atas kekhilafan saya tersebut. Pembayaran akan dilakukan dalam 5 – 7 hari kerja ke depan.

Berikut petikan isi emailnya (saya hapus nama staffnya):

Hello Fisto,

[his name] here from iTunes/App Store Support, I am sorry to hear that you are experiencing issues with your iTunes Match.

After reviewing the circumstances of your case, we’ve determined that a full refund for your iTunes Match subscription is an appropriate exception to the iTunes Store Terms and Conditions, which state that all sales are final. In five to seven business days, a credit of 31.81 AUD should be posted to the credit card that appears on the latest receipt for the subscription.

Again Fisto, I want to apologize for any inconvenience that this may have caused you.  I hope this will resolve the issue for you, but if you need any more assistance please don’t hesitate to contact us.

My schedule is Sunday to Thursday 6:00 am to 2:30 pm (EST).

Sincerely,

[his name]

Tentu saja saya senang dengan respon Apple ini. Bukan saja senang akan hasilnya, tapi juga senang dengan cara mereka membalas dan menjawab email saya.

Good job, Apple! 🙂

 

2 thoughts on “how I got a full refund from Apple

  1. Mas pertanyaan saya ini nyleneh.. Gimana Cara untuk merger akun? misalnya dan saya ndak tau kenapa saya itu punya banyak akun *ndak sombong tapi congkak*

    Ceritanya saya punya jauhari dan jauhari@me.com entah kenapa itu kok dulu waktu awal2 AppStore mengijinkan user tanpa format email dan celakanya akun ini yang saya pakai untuk indentitas. Lha ternyata rule baru itu akun harus format email jadilah saya kebingungan.. ada ndak cara menggabungkan dua akun itu menjadi satu aja?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s