irshad manji

Saya belum pernah membaca buku tulisan tokoh perempuan yang satu ini. Isi dari pemikiran-pemikirannya hanya saya baca sepotong-sepotong dari berbagai tulisan di internet, baik itu yang pro maupun yang kontra. Kegiatan-kegiatan diskusi yang menghadirkan Irshad Manji di Indonesia menghadapi penolakan-penolakan dari sebagian kelompok di masyarakat, bahkan konon kabarnya sampai berbentuk aksi anarkis.

Jika memang benar tulisan Manji itu bertentangan dengan ajaran Islam yang kita yakini selama ini (konon Manji bahkan menganggap sebagian isi Al-Quran adalah ‘human error’ dari Nabi besar kita Rasulullah SAW), apakah kita tak bisa menghadapinya dengan dialog atau diskusi juga? Apakah memang aksi fisik diutamakan dalam Islam untuk ‘memerangi’ paham yang dianggap sesat?

Kenapa kita tidak ‘menyerang’ pemikirannya saja? Bukankah yang kita anggap melenceng itu pemikiran Manji?

Rakyat Indonesia ini sangat heterogen. Umat Islam-nya pun sangat beragam, dari yang berhaluan liberal hingga Islam yang tradisional. Keberagaman pemikiran di antara umat Islam ini amat wajar, karena jumlah umat Islam di negeri ini jutaan orang. Ditambah lagi dengan pengaruh budaya, tradisi dan gempuran ideologi dari luar, maka muncullah berbagai kelompok dalam umat Islam dengan penafsiran dan pemahaman yang berbeda-beda terhadap Al-Quran dan Hadits. Inilah Indonesia!

Apakah setiap perbedaan dalam pemahaman dan penafsiran dalam Islam selalu bisa diselesaikan dengan kekerasan? Kenapa kita tidak ‘merangkul’ dan ‘menyadarkan’ mereka dengan jalan dakwah yang damai saja?

Tolong saya dicerahkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s