larangan bagi rumah makan di bulan ramadhan

Setiap bulan Ramadhan, pemerintah biasanya menerbitkan larangan bagi rumah makan untuk beroperasi, khususnya di siang hari. Menurut saya hal ini sebenarnya tak perlu dilakukan karena selain tidak penting, ada beberapa alasan lain mengapa larangan seperti ini sebaiknya ditiadakan.

Alasan yang pertama adalah karena tidak semua anggota masyarakat berpuasa. Selama ini anjuran atau imbauan yang sering kita dengar adalah: hormati orang yang berpuasa. Menurut saya ini keliru karena semestinya sebagai orang yang sedang menjalankan ibadah puasa, kitalah yang harus menghormati orang yang tidak berpuasa.

Jadi, biarkan saja mereka tetap bebas mencari tempat makan dan makan di siang hari seperti biasa. Jangan karena kita yang berpuasa, mereka yang kesusahan. Kalau pun mereka segan untuk makan di tempat umum, itu pilihan masing-masing individu. Tapi bukan karena tempat makannya yang dipaksa untuk tidak beroperasi.

Alasan kedua adalah alasan ekonomi. Menutup rumah makan selama siang hari bisa berarti penurunan omset atau pemasukan. Tanpa ditutup saja, pemasukan pasti akan turun karena banyak orang yang berpuasa. Apalagi kalau terpaksa harus tutup. Jadi, biarkan saja tempat usaha makanan tetap buka di siang hari supaya paling tidak mereka bisa meminimasi penurunan pemasukan selama bulan Ramadhan.

Mengenai penutupan tempat hiburan pada bulan Ramadhan, menurut saya ini juga kebijakan yang aneh. Kalau alasannya adalah karena tempat hiburan ini sarang maksiat, mestinya kebijakannya juga konsisten diterapkan di luar bulan Ramadhan. Kalau hanya pada bulan Ramadhan saja tempat-tempat hiburan ini ditutup, artinya pemerintah memperbolehkan maksiat terjadi di luar bulan Ramadhan.

Atau mungkin pemerintah berpendapat, maksiat di luar bulan Ramadhan diperbolehkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s