dufan dan taman safari

Pada libur lebaran tahun ini, kami sekeluarga mengunjungi dua tempat wisata yang sangat terkenal di seantero jagad raya: Dunia Fantasi di kawasan Ancol, Jakarta Utara, dan Taman Safari di kawasan Puncak, Bogor.

Seingat saya, terakhir kali saya mengunjungi Dunia Fantasi itu mungkin lebih dari 10 tahun yang lalu. Sedangkan untuk Taman Safari, bahkan lebih lama lagi, mungkin lebih dari 15 tahun silam.

Kini keduanya tentu sudah berubah, walaupun mungkin tidak berubah secara drastis. Yang jelas kian ramai, apalagi kemarin saya mengunjungi keduanya saat musim libur lebaran. Full, sesak, antrean di mana-mana.

Yang jelas, saya kaget ketika mengetahui bahwa harga tiket terusan di Dunia Fantasi sekarang mencapai 250 ribu rupiah untuk yang reguler. Kalau yang kelas premium bahkan lebih malah lagi, kalau tidak salah sekitar 370 ribu rupiah (?). Dengan tiket kelas premium ini, kita bisa masuk ke wahana-wahana di dalam Dufan melalui jalur khusus sehingga tidak perlu antre panjang.

Pelajaran berharga yang saya dapat dari kunjungan ke Dufan adalah: apabila sedang musim liburan dan pengunjung sangat banyak, maka belilah tiket kelas premium. Memang harganya lebih mahal sekitar 50%, namun akan lebih banyak wahana yang bisa dinikmati ketimbang membeli tiket reguler. Contohnya kemarin saya sekeluarga yang hanya mengandalkan tiket reguler, dalam waktu 4 jam hanya bisa menikmati 3 wahana saja. Plus kaki pegal linu karena harus berdiri hingga sejam lebih karena antre. 😦

Bayangkan seandainya kemarin saya membeli tiket premium. Mungkin dalam kurun waktu yang sama, saya bisa menikmati lebih dari 8 wahana karena waktu antre yang jauh lebih sedikit.

Waktu di Taman Safari, yang langsung berkesan adalah keanekaragaman binatangnya. Kalau dibandingkan dengan kebun binatang di Perth, jelas mereka tidak ada apa-apanya deh. Saya jamin orang Perth pasti akan terkagum-kagum menikmati begitu besar dan hebohnya Taman Safari.

Fasilitas pendukungnya juga oke. Taman bermain anak-anaknya cukup bagus dan beragam. Tempat makannya juga murah dan cukup bersih. Overall, hanya urusan ketertiban dan kebersihan saja yang perlu ditingkatkan.

Oh iya, satu lagi. Macetnya itu lho….apalagi waktu menuju ke atas. 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s