perlukah kita puasa internet?

Pertanyaan itu sering berkecamuk di kepala saya belakangan ini. Mungkin awalnya gara-gara bulan puasa juga. Kalau kita menjalankan ibadah puasa makan minum, kenapa kita juga tak mencoba puasa dari internet?

Sekarang ini internet sudah menjadi sama seperti kebutuhan pokok banyak orang. Bahkan pada sebagian orang, internet itu lebih dibutuhkan daripada makan atau tidur. Buktinya banyak orang yang kuat tidak makan atau begadang demi internet. 🙂

Puasa dari internet sebenarnya sudah dilakukan oleh banyak orang. Biasanya mereka yang melakukan itu adalah orang-orang yang sudah jenuh dan jengah dengan belenggu internet terhadap kehidupan mereka. Bangun tidur cek email, cek Twitter, buka Facebook, mandi. Usai mandi, sarapan pun dilakukan sambil baca berita di smartphone. Di tempat kerja, internet tak pernah lepas dari diri mereka. Cek email, meeting, chatting, update Twitter, ber-BBM ria, dan seterusnya, dan seterusnya.

Lama-lama manusia memang diperbudak oleh internet.

Oleh karena itu, mungkin perlulah kita menjauh sejenak dari internet. Dulu waktu saya kecil, jaman belum secanggih sekarang, tak ada handphone dan internet. Toh, hidup tetap indah untuk dinikmati.

Jadi, sudahkah saya mencoba berpuasa internet? Jawabnya, baru niat. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s