wawancara swadaya

Saya sudah beberapa kali menjadi interviewer untuk keperluan kantor, tapi baru tadi siang saya mewawancarai orang untuk keperluan bisnis sendiri. Semuanya saya lakukan via telepon dan hanya berbekal surat lamaran dan CV mereka saja. Totalnya ada sekitar 15 orang yang saya hubungi satu per satu sepanjang siang dan sore hari tadi, di sela-sela meeting dan pekerjaan di kantor.

Posisi yang dicari adalah staff administrasi plus, yang tugasnya tidak hanya berkutat ke urusan administrasi dan pembukuan, melainkan juga berhubungan dengan klien dan pihak luar. Jadi, waktu yang menyortir pelamar yang jumlah totalnya mencapai 40-an tersebut, saya tidak melulu melihat background pendidikannya, tapi juga pengalaman kerja sebelumnya.

Ternyata tak gampang ya melakukan semuanya dari awal hingga interview. Maklum, perusahaan baru berdiri, jadi apa-apa kita lakukan sendiri. Tapi karena ini untuk perusahaan sendiri (sebenarnya patungan dengan beberapa teman sih), saya tidak merasa terbebani dan tertekan. Biasa saja. 🙂

Dari sekitar 15 orang yang tadi siang saya hubungi, akhirnya saya putuskan untuk memilih 3 orang saja yang akan saya usulkan kepada teman-teman saya sesama pemegang saham di perusahaan baru kami. Biar nanti mereka melihat dan mendengarkan rekomendasi saya. Nanti kalau mereka mau, mereka bisa melakukan interview terhadap ketiga kandidat tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s