otak dan kezaliman

Konon kabarnya, manusia hanya menggunakan kurang dari 10% kapasitas otaknya. Toh, hanya dengan kapasitas yang seperti itu, manusia mampu melakukan hal-hal yang luar biasa seperti membangun peradaban dan menjadi khalifah di muka planet ini.

Setiap manusia dikaruniai otak yang sama oleh Tuhan. Kapasitasnya sama. Fungsinya sama. Susunan kimiawinya sama. Yang membedakan hanyalah kemampuan masing-masing manusia dalam menggunakan otaknya.

Sebagian orang diberi bakat lebih dalam menggunakan otak logikanya. Sebagian yang lain lebih piawai menggunaan otak kreatifnya. Singkatnya, sebagian orang memang diberikan kemampuan pengelolaan kapasitas otak yang lebih daripada yang lain.

Menurut saya, orang-orang yang dikaruniai otak yang cemerlang tetapi tidak menjadi apa-apa adalah termasuk orang-orang yang zalim. Kenapa? Karena paling tidak mereka telah menzalimi diri mereka sendiri dengan tidak memanfaatkan otak mereka semaksimal mungkin.

Orang yang jenius tapi jadi pengangguran dan hidupnya susah adalah orang yang zalim. Karena sesungguhnya dengan kejeniusannya, dia bisa mengubah hidupnya dan keluarganya. Tapi tidak dilakukannya.

Orang pintar tapi hanya jadi orang yang biasa-biasa saja juga termasuk orang yang zalim. Karena orang yang pintar seharusnya menjadi orang yang tidak biasa-biasa saja. Dia sudah menzalimi diri sendiri, menzalimi keluarganya, menzalimi lingkungannya dan juga masyarakat.

Maka, jangan mau jadi orang yang zalim karena pertanggungjawabannya berat sekali nanti di akhirat.

Kalau Anda pintar, jenius dan sakti mandraguna, jadilah seseorang yang luar biasa supaya Anda tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang yang zalim. Kalau Anda tidak pintar-pintar amat, berusahalah menjadi pintar, agar Anda juga punya kesempatan untuk menjadi orang yang luar biasa dan tidak dizalimi oleh orang yang lebih pintar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s