bisnis rumah sakit menguntungkan?

Ibunda saya sempat dirawat inap di sebuah rumah sakit swasta di Pekanbaru selama beberapa hari karena keluhan sakit kepala yang dideritanya. Sebelum dirawat inap, kami sempat membawa beliau ke rumah sakit swasta yang lain. Keduanya sama-sama modern dan cukup bagus pelayanannya.

Selama menunggui Ibu saya di sana, saya perhatikan kesibukan di rumah sakit itu memang luar biasa. Semua petugas, perawat, hingga dokter tak ada yang berleha-leha. Mungkin lebih sibuk daripada orang-orang yang bekerja di Bank atau pusat perbelanjaan. Namun yang jelas sangat berbeda jauh dibandingkan dengan kebanyakan kantor pelayanan publik milik pemerintah, yang petugasnya banyak yang bersantai-santai dan lambat dalam melayani masyarakat.

Tapi yang menggelitik pikiran saya sebenarnya lebih kepada potensi keuntungan dalam menjalankan sebuah rumah sakit. Untuk modal pembangunan sebuah rumah sakit, pasti uang yang dibutuhkan tak sedikit. Apalagi rumah sakit dengan fasilitas yang cukup lengkap, investasinya pasti bernilai milyaran atau bahkan trilyunan.

Belum lagi biaya operasionalnya. Upah untuk tenaga medis dan pegawai, listrik, air, biaya perawatan fasilitas medis, biaya untuk supply obat-obatan, dan sebagainya. Wah, pasti besar sekali ya.

Tapi pemasukannya juga lumayan lho. Ada pemasukan dari biaya berobat jalan, ongkos obat, medical check-up, instalasi gawat darurat, radiologi,  dan tentu saja dari biaya untuk rawat inap (yang per malamnya bisa mencapai jutaan rupiah tergantung jenis kamar). Itu belum termasuk pemasukan dari kerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain yang biasanya dipayungi oleh kontrak. Nilainya bisa milyaran per kontrak.

Kalau dikelola dengan profesional dan tekun, saya yakin bisnis rumah sakit ini pasti menguntungkan. Buktinya makin banyak saja rumah sakit-rumah sakit swasta yang bermunculan, kan? Lagipula, keberadaan rumah sakit hampir pasti selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Hmm…seandainya saya bisa punya rumah sakit sendiri kelak.

3 thoughts on “bisnis rumah sakit menguntungkan?

  1. Iya, pelayanan kesehatan di Indonesia memang perlu ditingkatkan efektivitasnya, kadang kita membayar biaya yang terlalu mahal untuk keluhan yang biasa-biasa saja..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s