berjuang mengusir kolesterol jahat

Minggu lalu, saya memeriksakan darah lagi ke klinik. Bukan karena sakit, melainkan karena jadwal untuk mengecek kadar kolesterol dalam tubuh saya sudah tiba.

Ceritanya, sekitar 3 bulan yang lalu saya menjalani pemeriksaan kesehatan rutin dari perusahaan. Dari hasil pemeriksaan darah, diketahui bahwa kadar kolesterol saya cukup tinggi, yaitu 280. Tentu saja saya terkejut sekali, karena pada pemeriksaan darah terakhir yang dilakukan 6 bulan sebelumnya, kolesterol saya berada pada level yang sangat bagus.

Selain kolesterol, saat itu kadar asam urat saya juga berada di atas batas normal. Namun pak Dokter tak memberikan obat apapun kepada saya, dengan alasan umur saya masih muda (ehem) dan tidak ada komplikasi penyakit lain. Saya hanya disarankan untuk mengatur pola makan dan olahraga serta diminta untuk mengecek darah lagi tiga bulan setelah itu.

Nah, hasil pemeriksaan darah minggu lalu itu menunjukkan bahwa kadar kolesterol saya masih tinggi, saudara-saudaraku! Tapi sudah lebih rendah daripada 3 bulan yang lalu. Sekarang sudah pada kisaran 250. Lumayan.

Memang selama 3 bulan belakangan ini, saya mulai menjaga makanan, terutama menghindari daging merah dan makanan berlemak. Porsi makan pun saya kurangi. Selama bulan puasa kemarin pun, saya tak kalap jika waktu berbuka tiba. Hanya minum dan makan kurma secukupnya, lalu makan besar sedikit saja.

Sayangnya, karena nabrak bulan puasa dan kesibukan lain, kegiatan olahraga tidak saya lakukan secara maksimal. Alhasil, penurunan kolesterol tidak terjadi secara signifikan.

Oleh karena itu, saat ini saya mulai bertekad untuk memulai berolahraga secara rutin kembali. Pilihan olahraga yang paling gampang tentu saja adalah lari. Seperti kebiasaan saya sebelumnya, mudah-mudahan saya bisa berlari 2 – 3 kali selama seminggu dengan istiqomah.

Target saya tidak muluk-muluk kok: dalam 3 bulan ke depan, saya harus menekan angka kolesterol saya di bawah 200.

Doakan saya! 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s