peluncuran produk Apple yang tidak terlalu istimewa

Tanggal 23 Oktober 2012, pukul 10.00 waktu setempat, Apple mengumumkan peluncuran beberapa produk terbaru mereka. Ada iMac baru yang super tipis, MacBook Pro 13-inch dengan Retina display, Mac mini yang baru dan tentu saja iPad mini dan iPad generasi ke-4.

Saya tidak bilang saya kecewa dengan produk-produk tersebut. Saya penasaran sekali dengan iMac terbaru yang sangat seksi. Saya juga bermimpi bisa memiliki sebuah MacBook Pro berlayar Retina display dengan ukuran 13 inchi. Dan tentu saja saya sangat ingin memegang iPad mini. Tapi rasanya ada yang kurang dari event Apple kemarin itu.

Kalau tidak salah, ini adalah event Apple ke-3 sejak kepergian Steve Jobs. Tim Cook dan para punggawa Apple yang lain cukup mampu memainkan perannya masing-masing di atas panggung. Tapi…tetap saja tidak sama seperti saat Steve Jobs masih ada dulu.

I am not being sentimental here. Tapi ruh Apple memang ada pada diri Steve Jobs. Secara operasional dan kinerja, Apple memang belum mengalami penurunan, dan bahkan grafiknya terus naik. Namun ada kekhawatiran dalam diri saya kalau hal ini tidak akan berlangsung lama. Semoga saya salah.

Menurut saya, Apple saat ini mirip seperti NBA pasca Michael Jordan pensiun setelah sukses membawa Chicago Bulls juara NBA enam kali pada tahun 90-an. Jordan tak hanya mengangkat klubnya, melainkan juga pamor NBA secara keseluruhan. NBA adalah Michael Jordan. Maka ketika Jordan pensiun dari pentas NBA saat dirinya sedang di puncak prestasi, semuanya tak pernah sama lagi (Bahkan setelah dia mencoba kembali lagi bergabung dengan klub Washington Wizards).

Era setelah Jordan dengan Bulls adalah era yang berbeda. NBA tetap berjalan, bintang-bintang baru terus bermunculan. Tapi era Jordan dengan segenap gegap gempitanya yang membius jutaan orang di seluruh dunia tak pernah bisa diulang kembali.

Acara kemarin menjadi salah satu bukti bahwa Apple pasca kepergian Steve Jobs adalah sebuah era yang berbeda. Dan Tim Cook tidak sedang meneruskan kepemimpinan Jobs, melainkan sedang membangun legacy-nya sendiri. Dan tentu saja itu akan membawa Apple menjadi sesuatu yang berbeda lagi.

Saya merasakan ada kebosanan dan kejenuhan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s