pekerja/buruh

Saya baru tahu kenapa di setiap Undang-undang atau peraturan pemerintah yang berhubungan dengan ketenagakerjaan, kata yang digunakan untuk merepresentasikan pihak pekerja adalah “pekerja/buruh“. Tidak pernah hanya “pekerja” saja ataupun “buruh” saja. Pada bagian arti atau definisi pun yang digunakan adalah kata “pekerja/buruh”, yang artinya kedua kata tersebut (“pekerja” dan “buruh”) mempunyai definisi yang sama.

Itulah salah satu pengetahuan yang saya dapatkan dari training tentang Hubungan Industrial sejak hari Senin hingga Rabu minggu ini di Jakarta.

Tapi ternyata kata “pekerja/buruh” ini baru mulai digunakan sejak Undang-undang 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Kita tidak akan menemukan kata “pekerja/buruh” pada Undang-undang atau peraturan pemerintah sebelum UU 13/2003 ini. Mengapa demikian?

Nah, ini berawal dari proses pembuatan dan pengesahan UU 13/2003, yang mana pada saat itu ada unsur dari Serikat Buruh dan Serikat Pekerja yang ikut merumuskan Undang-undang tersebut. Konon awalnya kata yang hendak digunakan dalam Undang-undang itu adalah “pekerja”, yang nantinya mencakup segala jenis istilah yang ada seperti pekerja, buruh, pegawai, karyawan dan sebagainya. Tapi perwakilan dari Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) keberatan dengan penggunaan kata “pekerja” karena dianggap “lemah” dan tidak mewakili perjuangan mereka selama ini yang membela nasib kaum buruh. Maka kata “buruh” pun diusulkan untuk ditulis juga dalam UU tersebut.

Tapi, tentu saja perwakilan dari Serikat Pekerja keberatan dengan penggunaan istilah “buruh” untuk pekerja lain. Maka terjadilah diskusi dan debat tentang penggunaan kedua istilah tersebut. Hingga akhirnya diputuskan kedua kata tersebut akan digunakan bersamaan menjadi “pekerja/buruh”.

Dan istilah itulah yang hingga sekarang digunakan tak cuma dalam UU 13/2003 saja, tapi juga dalam Undang-undang dan peraturan pemerintah lain setelahnya yang berhubungan dengan ketenagakerjaan. Padahal definisi keduanya sih sama saja. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s