Pilih Pekerja Keras atau Yang Punya Partai?

Tahun 2014 memang masih setahun lagi, tapi kandidat-kandidat calon presiden makin sering muncul di media massa dan menjadi topik di banyak talk show atau seminar. Di antara nama-nama yang sekarang kian sering dibicarakan, saya membaginya menjadi dua kelompok.

Kelompok yang pertama adalah mereka yang belum mempunyai basis partai politik namun menjadi populer karena sepak terjang mereka saat ini. Karakter mereka yang masuk kelompok ini mirip satu sama lain: pekerja keras, tegas, nothing to lose dan berani ambil resiko. Saat ini masyarakat cenderung menyukai tipikal pemimpin seperti ini karena mereka rindu akan perubahan. Apalagi pemimpin yang sekarang seringkali dinilai lambat, tidak tegas dan lembek.

Mereka yang masuk kelompok pertama antara lain adalah Jusuf Kalla, Dahlan Iskan dan Mahfud MD. Pak JK mungkin masih punya banyak dukungan dari Partai Golkar, namun secara resmi Partai tersebut masih mengusung calon lain. Pak DI dan pak Mahfud sama sekali belum dilamar oleh salah satu partai politik walaupun yang tertarik meminang mereka kelihatannya cukup banyak.

Fenomena yang sering kita lihat, faktor partai politik tak selalu berbanding lurus dengan kemenangan dalam sebuah pemilihan. Tak jarang justru ketokohan seseoranglah yang membuat parpol seolah mendompleng kepopuleran. Nah seperti itu pulalah yang kemungkinan akan terjadi jika partai politik mengusung salah satu tokoh dalam kelompok ini.

Masih banyak tokoh-tokoh lain yang bisa dimasukkan dalam kelompok yang pertama ini, seperti misalnya Anis Baswedan dan Joko Widodo.

Besar kemungkinan, paling tidak satu dari tokoh-tokoh dari kelompok ini akan maju dalam pemilihan presiden tahun 2014 nanti. Dan bukan tidak mungkin bisa menjadi presiden negeri ini.

Kelompok yang kedua adalah mereka yang mempunyai basis partai yang cukup besar. Pencalonan mereka biasanya resmi dideklarasikan oleh partai pendukung dan sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Soal kepopuleran di masyarakat itu soal kedua, yang penting di mata partai merekalah orang yang paling cocok dan sempurna untuk dimajukan dalam pemilihan presiden 2014 nanti.

Mereka yang masuk dalam kelompok kedua ini adalah Aburizal Bakrie dari Partai Golkar, Prabowo Subianto yang diusung oleh Partai Gerindra, dan mungkin Megawati Soekarnoputri dari PDI Perjuangan.

Saya tak terlalu tahu apakah saat ini partai-partai lain juga sudah ada yang mencalonkan jagoannya, namun paling tidak ketiga tokoh yang disebutkan di atas itulah yang terlihat paling menonjol saat ini.

Calon-calon dari kelompok kedua ini biasanya sangat percaya diri dan optimis, walaupun kepercayaan diri dan keoptimisan ini tak selalu berbanding lurus dengan kepopulerannya di masyarakat. Bisa jadi mereka populer, tapi belum tentu akan menjadi pilihan di hati rakyat.

Namun demikian, kesempatan mereka untuk memenangkan pemilihan presiden tahun 2014 kelak masih terbuka lebar. Asalkan mereka bisa mengambil hati rakyat, tentu suara rakyat akan bisa dituai.

Jadi, kira-kira siapa yang akan turun laga dalam pemilihan presiden 2014 nanti? 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s