Jangan Dukung Jokowi untuk Pilpres 2014

Belakangan ini suara-suara yang mendukung pencalonan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sebagai Presiden RI pada Pilpres tahun 2014 makin kencang dan terus bertambah. Popularitas Jokowi yang melesat mengungguli tokoh-tokoh nasional lainnya sebenarnya tak terlalu mengejutkan mengingat gaya kepemimpinannya yang begitu sederhana, bersahaja, lugas dan dekat dengan masyarakat terbukti telah mencuri hati publik. Jarang sekali kita melihat ada pemimpin yang begitu tulus dicintai oleh rakyatnya seperti Jokowi (dan juga wakilnya Ahok) ini.

Tapi menurt saya pencalonan pak Jokowi untuk menjadi Presiden tahun 2014 – 2019 adalah suatu tindakan yang gegabah, karena beberapa alasan berikut:

  1. Jokowi dan Ahok masih memegang amanah masyarakat Jakarta hingga tahun 2017. Sudah seharusnya mereka menyelesaikan amanah tersebut hingga tuntas.
  2. Apabila pencalonannya gagal, maka akan menjadi beban bagi Jokowi sendiri. Bisa jadi fokus dan kinerjanya dalam mengurus Ibukota pun menjadi terganggu.
  3. Jikalau pun Jokowi berhasil terpilih menjadi Presiden, dia masih menyisakan banyak pekerjaan rumah bagi Jakarta yang kemungkinan besar akan banyak terbengkalai. Memang betul wakilnya, Ahok, adalah juga seorang pekerja keras yang jujur dan bersih, namun kombinasi kedua tokoh inilah yang lebih mampu berbuat lebih banyak untuk Jakarta.
  4. Apabila Jokowi terbukti sukses memimpin Jakarta selama 5 tahun ini, lalu beliau maju dalam pencapresan pada 2019, maka hampir bisa dipastikan kans beliau untuk menang akan jauh lebih besar.
  5. Apabila Jokowi mau sabar menunggu hingga Pemilu 2019, saya yakin ketokohannya akan makin kuat sehingga nantinya bukan beliau yang  mendompleng partai politik, melainkan sebaliknya para partai politiklah yang akan berebut Jokowi. Ini penting untuk mengurangi ketergantungan seorang Jokowi terhadap sebuah partai saja sehingga pemerintahannya bisa lebih efisien, bersih, berani dan tegas. Tidak seperti sekarang. *uhuk

Oleh karena itu, marilah kita semua menahan diri untuk tidak mendukung Joko Widodo sebagai salah satu calon Presiden pada Pilpres 2014 nanti.  🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s