Passion, Skills, dan Purpose

Pembicara pertama pagi ini adalah ibu Sonita Lontoh yang memaparkan presentasinya tentang Developing Global Indonesia Professionals. Secara keseluruhan materi pembahasannya cukup menarik, namun salah satu quote beliau yang paling gampang saya ingat adalah bahwa to be successful dan happy kita mesti mampu menggabungkan passion, skills dan purpose sekaligus.

Passion adalah sesuatu yang kita sukai. Skills bisa diartikan sebagai hal-hal yang kita kuasai dengan baik atau what we are good at. Sedangkan purpose adalah apa yang dunia atau orang lain butuhkan.

Seringkali kita mendengar jargon "bekerjalah atau carilah pekerjaan yang sesuai dengan passion-mu". Katanya kalau kita sudah bekerja sesuai passion maka kita tak perlu "bekerja" lagi.

Well, mungkin ada benarnya sih tapi kalau dipikir-pikir lagi untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan sekaligus, passion saja tentu tak cukup. Perlu dibarengi juga dengan kemampuan yang memadai supaya bisa mencapai apa yang ingin diraih. Tapi itupun belum cukup karena apa yang kita kerjakan sebaiknya juga memberi manfaat dan berguna bagi orang lain supaya bisa memberikan kebahagiaan yang mendekati kesempurnaan. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s