Wisata Gunung Berapi

Dalam majalah Tempo edisi terbaru ada satu artikel mengenai penemuan gunung berapi yang diduga kuat letusannya mengalahkan letusan Gunung Tambora dan itu terjadi kira-kira pada tahun 1250-an. Gunung itu bernama Samalas dan terletak di pulau Lombok.

Sebelum ini diketahui bahwa 2 letusan gunung berapi terdahsyat yang pernah terekam oleh sejarah manusia adalah letusan Gunung Krakatau dan Gunung Tambora. Keduanya berlokasi di wilayah kepulauan nusantara.

Letusan Gunung Salamas, seperti juga letusan Krakatau dan Tambora, menyebabkan perubahan iklim global secara sangat signifikan, memakan banyak korban jiwa dan memusnahkan peradaban di sekitar gunung tersebut. Jika letusan Tambora mampu mengakibatkan musim dingin panjang di Eropa dan menyebabkan banyak penyakit dan kematian, tentu dampak yang diakibatkan oleh Salamas kemungkinan besar lebih masif.

Kalau ditarik lagi ke belakang sekitar 17 ribu tahun yang lalu, ada letusan lain yang lebih dahsyat yaitu letusan gunung berapi purba yang kalderanya menjadi danau terbesar di Indonesia sekarang, Danau Toba. Letusan gunung berapi ini adalah letusan gunung api terbesar yang pernah ada yang bisa diteliti oleh manusia.

Sampai hari inipun Indonesia masih menjadi salah satu negara dengan jumlah gunung berapi aktif yang paling banyak. Semuanya tersebar dari Sabang hingga Merauke. Sungguh merupakan kekayaan alam yang luar biasa.

Seandainya pemerintah atau ada pihak swasta yang mau dan mampu menawarkan program wisata gunung berapi di Indonesia, pastilah akan menarik. Wisatawan yang membeli paket tersebut bisa menjelajahi dan menikmati keindahan lokasi gunung-gunung berapi yang ada, baik yang masih aktif maupun tidak. Selain eksotisme alam di sekitar gunung berapi, ragam budaya penduduknya pasti akan menjadi daya tarik tersendiri. Slogan promosinya bisa semacam "Indonesia volcanoes tour, dangerously beautiful!" dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s