Siapkah Kita?

Arus bebas tenaga kerja terampil (skilled work force) antar negara anggota ASEAN adalah salah satu topik yang paling hangat dibicarakan saat ini, selain arus bebas barang, jasa, investasi dan modal pada era pasar bebas ASEAN tahun 2015 nanti. Pertanyaan-pertanyaan yang timbul antara lain: Apakah tenaga kerja Indonesia akan mampu bersaing dengan tenaga kerja dari negara-negara ASEAN lain? Apakah nanti tenaga kerja di Indonesia akan terdesak di negeri sendiri karena kalah bersaing dengan tenaga kerja dari luar? 

Saya juga masih menyimpan banyak pertanyaan yang belum bisa terjawab saat ini. Sistem perijinan kerja atau sistem perekrutan kemungkinan besar akan mengalami perubahan. Perusahaan Indonesia akan lebih mudah mencari dan merekrut tenaga kerja terampil dari luar apabila perusahaan tersebut tidak menemukan tenaga kerja terampil yang dibutuhkan dari dalam negeri. Begitu pula dengan perusahaan-perusahaan di negara-negara ASEAN lainnya yang ingin mencari tenaga kerja dari Indonesia.

Bagaimana dengan sistem penggajiannya? Tenaga kerja-tenaga kerja dari luar tersebut mestinya akan tetap dianggap sebagai ekspatriat, bukan? Jika iya, tentu perusahaan yang merekrutnya harus mempekerjakannya sebagai tenaga kerja asing yang secara umum akan lebih mahal ketimbang tenaga kerja lokal.

Kembali lagi, soal tenaga kerja ini adalah soal supply and demand. Kebutuhan di masing-masing negara tentu tidak akan sama. Pasar Indonesia mungkin akan lebih banyak menyerap tenaga kerja terampil dengan keahlian tertentu seperti konsultan, engineer, akuntan dan sebagainya. Pasar di Singapore bisa jadi membutuhkan lebih banyak tenaga kerja dengan keahlian yang lain seperti cook, hairdresser, mechanics, dan sebagainya.

Jadi ini adalah kesempatan sekaligus tantangan. Kalau kita tidak siap, ya siap-siap saja dilibas. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s