Pasar Segar Balikpapan

Sambil mengisi waktu menjelang berbuka, saya dan istri pergi ke Pasar Segar, sebuah pasar tradisional berkonsep modern yang terletak di daerah Balikpapan Baru. Kebetulan lokasinya tak terlalu jauh dari rumah kami, hanya sekitar 10 menit saja.

Untuk ukuran sebuah pasar tradisional, Pasar Segar ini terbilang sangat bersih dan tertata rapi. Lantainya saja full keramik, tidak ada yang namanya tanah yang becek dan bau yang lazim kita jumpai di sebuah pasar tradisional. Layaknya transaksi yang terjadi di pasar tradisional, maka kita pun bisa tawar menawar dengan para penjual. Segala macam sayur mayur, kebutuhan dapur, daging-dagingan dan ikan bisa dijumpai di sini.

Tempat berjualan tersebut dikelilingi oleh deretan kios-kios. Karena masih relatif baru dibuka, masih ada beberapa kios yang belum ada tenant-nya. Beberapa yang sudah buka menjual kantong-kantong plastik yang bisa digunakan untuk berbelanja. Namun sebenarnya pihak pengelola juga sudah menyediakan keranjang plastik seperti yang sering dijumpai di supermarket atau toserba.

Bagi pelanggan yang membawa anak kecil, pengelola menyediakan area bermain anak. Jadi kalau ibunya sedang berbelanja, si bapak bisa menemani anak-anak bermain sembari menunggu.

Yang saya salut adalah bagaimana kebersihan sangat dijaga di sini. Ada beberapa petugas kebersihan yang terihat terus bekerja di beberapa sudut pasar. Bahkan tadi saya melihat salah satu penjual juga ikut membersihkan lantai secara sukarela.

Berikut beberapa foto yang sempat saya ambil:

20140629-180806-65286189.jpg
20140629-180806-65286046.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s