berebut kursi sekolah

Siapa pun yang baru pindah ke sini hampir pasti akan sepakat bahwa mencari sekolah adalah hal yang membutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Bagaimana tidak, hampir setiap kali saya menghubungi sekolah mana pun untuk mendaftarkan anak saya, Luna dan Bima, jawaban mereka hampir selalu sama: “Sorry, all classes are full”, atau “Sorry we are no longer accepting applications”, dan sejenisnya.

Bangku sekolah memang sedang menjadi barang langka di Qatar akibat tidak berimbangnya kapasitas sekolah dan jumlah murid yang ada. Qatar selalu kebanjiran pendatang baru setiap tahunnya, namun kelihatannya negeri ini belum cukup siap untuk menampung lebih banyak siswa walaupun sebenarnya saat ini sudah cukup banyak sekolah yang tersedia.

Kurikulum yang sering ditawarkan oleh sekolah-sekolah internasional antara lain adalah BritishAmerican atau pun International Primary Curriculum (IPC). Beberapa sekolah menawarkan kurikulum yang lebih khusus lagi, misalnya sekolah Prancis, Jerman, Iran, Libanon, India, Filipina, dan sebagainya.

Target utama kami tentu saja sekolah-sekolah dengan kurikulum yang umum saja seperti British atau IPC, atau mungkin American. Tapi karena sifatnya umum, sekolah-sekolah seperti itu peminatnya sangat banyak dan membludak. Jadilah kami yang baru datang ini harus gigit jari dan kalah bersaing dengan mereka yang sudah lama tinggal di sini.

Saat ini kebetulan ada 2 sekolah baru yang menghubungi kami dan akan memulai tahun ajaran mereka pada September 2014 ini. Karena masih baru dan belum banyak yang tahu, slot mereka masih tersedia buat Luna dan Bima.

Saya sudah sempat mendatangi sekolahnya dan secara fisik sih gedung dan fasilitasnya cukup bagus (tentu lebih bagus jika dibandingkan dengan rata-rata sekolah di Indonesia). Mungkin tinggal merekalah harapan kami untuk menyekolahkan anak-anak saya di Qatar ini. Paling tidak untuk setahun pertama ini. Tahun berikutnya kami bisa mencoba peruntungan dengan mendaftarkan anak-anak ke sekolah lain yang sudah memiliki reputasi yang lebih bagus.

Berikut beberapa foto yang saya ambil tadi sore dari fasilitas sekolah di AWIS (Al Wataniya International School) Doha:

IMG_4370 IMG_4371 IMG_4372

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s