Transportasi Umum di Doha

Transportasi umum yang paling banyak tersedia di Qatar adalah taksi. Armada taksi yang paling sering dijumpai di sini adalah Karwa taxi yang dikelola oleh Mowasalat, perusahaan transportasi milik keluarga kerajaan. Mobil-mobilnya cukup bagus dan berargo.

Kita bisa memesan taksi Karwa melalui operator ataupun menyetop di pinggir jalan,asalkan di luar jam berangkat kerja (pagi hari) maupun pulang kantor. Pada jam-jam tersebut, hampir dapat dipastikan semua taksi (termasuk taksi gelap) sudahfully booked karena di biasanya supir-supir taksi tersebut sudah memiliki pelanggan tetap untuk antar-jemput dari rumah ke kantor dan sebaliknya.

Mowasalat juga mengelola armada bus yang melayani beberapa rute di dalam kota, tapi jumlahnya masih terlalu sedikit dibandingkan dengan pertumbuhan kota yang pesat dan ledakan penduduknya. Sistem transportasi massa di Qatar memang masih bisa dibilang tertinggal, khususnya untuk kota sesibuk Doha.

Saat ini pemerintah Qatar sedang membangun sistem transportasi kereta yang diberi nama Qatar Rail. Konon nantinya akan terbangun jalur railway sepanjang 750 kilometer yang akan menghubungkan 100 buah stasiun untuk penumpang dan barang. Semuanya sedang dikebut pengerjaannya sehingga bisa operasional beberapa tahun sebelum Piala Dunia 2022 dilaksanakan di negeri ini nanti.

Sementara lalu lintas akan semakin padat dengan mobil karena harga mobil dan harga BBM yang relatif murah. Saya tak bisa membayangkan bagaimana sumpeknya jalanan Doha dalam beberapa tahun ke depan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s