bahasa pengantar

Bahasa resmi di Qatar adalah bahasa Arab. Namun dengan jumlah pendatang yang mencapai 87% dari total jumlah penduduknya, maka Bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar yang umum digunakan di mana-mana. Sejauh ini, saya tidak pernah kesulitan untuk mencari informasi atau berkomunikasi dengan orang lain karena masalah bahasa. Di tempat-tempat umum misalnya, selain tulisan Arab, biasanya dilengkapi juga dengan tulisan latinnya dalam bahasa Inggris.

Kemampuan bahasa Inggris masih pas-pasan seperti saya? Jangan khawatir, yang dibutuhkan untuk bisa survive di sini tidak perlu harus punya nilai TOEFL yang tinggi atau bisa berbicara dengan grammar atau pronounciation yang baik dan benar.

Banyak pendatang (dan juga orang Qatari sendiri) yang tidak terlalu menguasai bahasa Inggris. Jadi kita cukup menguasai kata-kata yang umum digunakan saja dalam bahasa Inggris lalu jika diperlukan bisa ditambahkan dengan bahasa tubuh, insya Allah komunikasi akan tetap lancar. Yang penting orang yang kita ajak bicara mengerti apa yang ingin kita sampaikan.

Beberapa saat yang lalu saya mengambil training singkat untuk ujian SIM Qatar. Kebetulan instrukturnya adalah orang Nepal (atau Sri Lanka, saya tak begitu ingat) yang bahasa Inggrisnya boleh dibilang cukup seadanya, padahal menurutnya dia sudah bekerja selama 6 tahun sebagai instruktur. Hebat yah!

Jadi selama masa latihan, komunikasi yang terjadi antara saya dan dirinya dilakukan melalui bahasa Inggris yang sangat basic, semacam “Left!”, “Right!”, “Go faster!”, “Slowly”, “Mirror”, “Police”, “Fail!”, dan lain sebagainya. Seingat saya, dia tak pernah memberikan instruksi dalam sebuah kalimat yang lengkap. Tapi toh saya bisa memahami dan kami saling mengerti. Hahaha….

Yang paling saya ingat adalah saat dia memberikan instruksi yang isinya sama dengan instruksi sebelumnya. Alih-alih dia membeberkan kembali step by step-nya, dia cukup berkata, “This one, same-same”,  maksudnya kurang lebih, yang ini sama urut-urutannya dengan yang sebelumnya. 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s