Kepemilikan Kendaraan

Karena Qatar belum memiliki sistem transportasi massa yang cukup memadai, maka memiliki sebuah kendaraan (baca: mobil) adalah salah satu kebutuhan utama bagi sebagian masyarakatnya. Kepemilikan mobil bisa didapatkan dengan cara membeli atau pun dengan sistem lease. Kedua cara tersebut masih lebih murah ketimbang menyewa mobil, apalagi jika kita akan menggunakan mobil tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pada bulan pertama saya tinggal di Doha, saya menyewa sebuah mobil sedan Chevrolet Aveo dengan tarif QR 1,995 sebulan. Harga sewa itu sudah termasuk asuransi namun kerusakan kaca depan dan velg tidak ditanggung. Sialnya saya sempat membuat velg mobil itu rusak sehingga saya harus membayar QR 700 untuk mengganti kerusakan tersebut. 😦

Kebetulan saya mendapatkan bantuan dari perusahaan untuk membeli sebuah mobil, sehingga selama beberapa minggu saya rajin menyambangi situs-situs jual-beli mobil baru/bekas seperti Qatar Sale ataupun CarSemsar serta situs informasi QatarLiving.com untuk mencari sebuah mobil yang cocok dengan selera dan budget. Alhamdulillah dua minggu lalu saya menemukan sebuah mobil bekas tapi masih cukup bagus kondisinya.

Untuk memiliki sebuah mobil, kita harus memiliki Qatar ID karena data kita akan digunakan untuk menerbitkan Istimara, atau semacam STNK kalau di Indonesia. Jadi kemarin waktu antara saya dan si penjual sudah deal, kami bersama-sama pergi ke Traffic Headquarter, semacam kantor Dirlantas Polri kalau di Indonesia, untuk mengalihkan kepemilikan dari si penjual kepada saya.

Saya pikir prosesnya akan lama dan perlu mengantri. Ternyata sesampai di gedungnya, loket-loketnya relatif sepi sehingga kami tak perlu mengantri dan langsung dilayani. Si petugas hanya meminta Istimara yang lama, Qatar ID kami masing-masing, dan meminta pembayaran biaya transfer sebesar QR 100. Setelah itu, tak sampai 5 menit, kartu Istimara yang baru langsung jadi.

Wah, saya cukup terkesan dengan proses yang begitu mudah dan cepat. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s