membuat driving license qatar (bagian IV)

Dari sekian banyak perjuangan yang harus dilalui untuk hidup di Qatar, mungkin perjuangan untuk mendapatkan SIM (driving license) adalah salah satu yang paling berliku, penuh onak dan duri. Setidaknya itulah yang saya alami sendiri selama 3 bulan tinggal di sini.

Untuk mendapatkan driving license di sini, kita bisa memilih jalur direct test maupun mengikuti driving school terlebih dahulu. Dulu saat saya baru sebulan di sini, saya mencoba direct test atas pertimbangan biaya yang jauh lebih murah dan merasa pengalaman menyetir saya sudah cukup. Awalnya terasa mudah karena saya berhasil lulus signal test (ujian komputer) dan parking test. Namun begitu road test (ujian di jalan raya), saya gagal 2 kali dan hingga sekarang belum berhasil mengisi dompet saya dengan driving license Qatar.

Sesuai peraturan yang berlaku, jatah untuk mengikuti road test dari Traffic Department (semacam ditlantas) hanya 2 kali. Itu berarti saya sudah tak punya kesempatan untuk mengambil road test lagi, kecuali harus mengikuti driving school alias kursus mengemudi terlebih dahulu.

Di Qatar, ada beberapa driving school yang memberikan jasa kursus menyetir. Biasanya mereka menawarkan 3 macam kursus, yaitu Full (40 jam), Half (25 jam) dan Short (12 jam). Bagi yang belum pernah menyetir sama sekali ataupun tidak memiliki SIM yang valid, mereka diharuskan untuk memilih yang full course. Sedangkan yang sudah memiliki SIM, bisa memilih yang half maupun short course. Saya dan istri memilih yang short course yang sekali lagi karena pertimbangan biaya dan waktu.

Karena saya sudah pernah lulus signal test dan parking test, maka seusai sesi kursus nanti selesai, saya langsung mengikuti road test. Oleh karena itu, selama 12 jam kursus ini, saya hanya praktek menyetir di jalan raya…1 jam setiap hari, selama 12 hari.

Bersambung ke bagian V.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s