membuat driving license qatar (bagian V)

Selasa pagi saya sudah berada di sekolah mengemudi Al-Khebra, Doha. Kali ini dalam rangka mengikuti ujian menyetir di jalan raya atau road test yang ketiga kalinya, setelah gagal dalam 2 kali road test yang terdahulu.

Sebelumnya saya telah mengikuti kursus menyetir 12 jam yang menjadi syarat agar bisa mengikuti ujian ini. Jika saya gagal lagi kali ini, maka saya harus mengikuti 12 jam kursus lagi sebelum bisa mencoba road test berikutnya.

Pagi ini, terus terang saya agak gugup juga walaupun instruktur saya selalu meyakinkan bahwa saya akan lulus dalam road test ini. Di dalam ruang tunggu, ada sekitar 30 orang yang sedang menunggu giliran until dipanggil dan saya perhatikan hampir semua raut muka mereka menunjukkan ketegangan. Road test ini memang menjadi momok yang menakutkan karena tingkat kelulusannya konon sangat kecil. Padahal, driving license sangat diperlukan di Qatar ini mengingat transportasi publik masih belum cukup memadai. Mengendarai kendaraan pribadi menjadi pilihan nomer satu bagi sebagian besar orang.

Ketika giliran saya tiba, alhamdulillah saya bisa mengendarai mobil dengan cukup tenang. Bahkan saya hanya memerlukan waktu sekitar 3 menit saja sebelum akhirnya petugas polisi yang menilai saya menyuruh saya untuk menepikan kendaraan, tanda bahwa ujian bagi saya sudah cukup.

Waktu saya dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan driving license, perasaan saya lega dan senang sekali. Sepertinya ada beban besar yang lepas dari pundak saya saat itu. Apalagi istri saya pun sudah berhasil memiliki driving license sehari sebelumnya.

Saran saya bagi yang baru datang ke Qatar dan hendak mendapatkan driving license, akan lebih baik jika mengambil sekolah mengemudi terlebih dahulu. Durasi kursusnya bisa disesuaikan dengan kondisi dan kepercayaan diri masing-masing. Kalau sudah lama tidak menyetir atau belum pernah menyetir sama sekali, silakan ambil yang full course. Kalau sudah memegang SIM Indonesia, bisa mengambil yang half course atau short course.

Mengapa saya anjurkan seperti ini? Karena dengan mengikuti kursus terlebih dahulu, paling tidak kita bisa belajar aturan-aturan dalam berlalu lintas dan kondisi jalan raya di negeri ini yang tentu berbeda dengan di Indonesia. Dengan demikian diharapkan saat ujian nanti, kita bisa lebih percaya diri dan cukup memiliki pengetahuan yang diperlukan dalam mengendarai kendaraan bermotor di Qatar. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s