Dampak Pengurangan Pegawai

Ketika ribuan pencari kerja asing kehilangan pekerjaan dan harus menghadapi masalah lain.

Sebuah perusahaan energi terbesar di negeri ini baru saja menyelesaikan proses restrukturisasi terhadap organisasi mereka akibat dampak dari turunnya harga minyak dan bergesernya strategi perusahaan yang hanya akan fokus kepada bisnis inti mereka yaitu minyak dan gas bumi. Hasil dari restrukturisasi ini adalah pemutusan hubungan kerja terhadap sekitar seribu pegawai asing mereka akibat menyusutnya jumlah posisi yang ada.

Sebagian besar dari mereka yang terkena PHK tak punya pilihan lain selain kembali ke negaranya masing-masing, hanya sebagian kecil saja yang mungkin masih beruntung bisa mendapatkan pekerjaan lain di Qatar. Nah, permasalahan kemudian muncul ketika para pegawai ini memiliki hutang dengan Bank dalam jumlah yang cukup besar dan mereka tak punya cukup dana untuk melunasi hutang tersebut. Padahal, tanpa pelunasan, maka Bank tak akan memberikan clearance yang berakibat pada tak terbitnya ijin keluar dari Qatar saat di bandara nanti. Dengan kata lain, jika hutang dengan Bank tak lunas, maka yang bersangkutan tak bisa keluar dari Qatar. Atau yang lebih buruk adalah bisa dipenjara.

Pihak perusahaan telah berusaha agar proses PHK ini tidak terlalu memberatkan pegawai yang bersangkutan, antara lain dengan memberikan gaji dan tunjangan rumah hingga 2 – 3 bulan setelah PHK, serta menanggung uang sekolah anak-anak hingga akhir tahun ajaran di bulan Juli ini. Selain itu, ada uang penghargaan masa kerja yang jumlahnya lumayan kalau pegawai yang bersangkutan sudah bekerja cukup lama pada perusahaan tersebut. Tapi mungkin karena jumlah kredit di Bank terlalu besar, akibatnya sekarang banyak yang masih kebingungan karena belum menemukan jalan keluar untuk melunasi hutang mereka.

Pihak kedubes dari masing-masing negara sudah banyak membantu mencarikan jalan keluar. Kita hanya bisa berharap semoga masalah hutang dengan Bank ini bisa segera dicari solusinya.

Dampak lain yang bisa dicermati adalah membanjirnya penawaran mobil-mobil bekas di pasaran karena para pekerja asing yang terkena PHK tentu mau tak mau harus sesegera mungkin menjual kendaraan mereka. Konon kabarnya harga mobil bekas saat ini sedang jatuh gara-gara kejadian ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s