Perubahan Jam Tidur

Pada Ramadan kali ini, saya mengalami pergeseran jam tidur yang cukup signifikan. Kalau biasanya jam tidur hanya sedikit saja bergesernya dan sedikit berkurang, maka tahun ini jam tidur saya benar-benar berubah.

Waktu Subuh di Qatar adalah sekitar pukul 3.15 pagi saat ini. Sewaktu istri saya masih di sini, biasanya kami akan tidur kembali selepas makan sahur dan sholat Subuh berjamaah. Lalu, saya akan terbangun pukul 7 pagi untuk bersiap ke kantor.

Namun setelah istri saya kembali ke tanah air dan saya jadi bujang lokal, saya menggeser waktu makan sahur menjadi lebih awal. Dalam seminggu, biasanya dalam 4 hari saya ke gym untuk sekedar mengeluarkan keringat dan itu saya lakukan sekitar pukul 9 atau 10 malam, ketika makanan saat berbuka sudah turun. Lalu, sekitar pukul 11 dan 12 malam, saya sudah mulai makan sahur. Pukul 1 dini hari saya usahakan bisa tidur untuk kemudian sekitar pukul setengah 4 saya terbangun untuk sholat, lalu lanjut tidur lagi hingga pagi.

Siang atau sorenya, sepulang dari kantor sekitar pukul 2 siang, biasanya saya tidur lagi 1 hingga 2 jam. Lalu terbangun sebelum waktu berbuka. Dan begitu seterusnya yang sudah saya alami beberapa hari belakangan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s