Apa itu Majlis?

Majlis adalah semacam ruang khusus yang biasanya dibangun terpisah dari bangunan rumah utama dan berfungsi sebagai tempat si empunya rumah berkumpul bersama tamu, kerabat atau siapapun yang datang ke kediaman mereka. Majlis untuk laki-laki dan perempuan selalu terpisah dan biasanya Majlis untuk perempuan letaknya lebih tertutup, tak seperti Majlis untuk pria yang seringkali dibangun di depan rumah sehingga terlihat dari luar.

Dalam budaya Arab, tidaklah lazim bagi seorang tamu ataupun seseorang yang bukan keluarga dekat untuk berkunjung hingga masuk ke dalam rumah. Bagi mereka rumah adalah area yang sangat privat. Oleh karena itu, orang Arab biasanya menjamu tamu mereka di Majlis tersebut.

Di dalamnya terdapat beberapa kursi (baik kursi duduk maupun kursi dengan sandaran yang diletakkan di lantai) yang disusun melingkari ruangan berkarpet dengan beberapa meja untuk menyajikan aneka makanan dan minuman. Selain ber-AC, Majlis biasanya juga dilengkapi dengan beberapa perangkat hiburan seperti TV, pemutar musik ataupun konsol game sebagai hiburan.

Pada malam hari, terutama di akhir pekan, si empu rumah akan bersosialisasi dengan para kerabat, tua atau muda, mengobrol hingga larut malam, ditemani dengan aneka makanan dan minuman yang dihidangkan oleh para pelayan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s