DOES

Berawal dari penonton setia web series pembuatan album ke-7 grup band asal Jogja, Endank Soekamti, pada bulan Ramadan yang lalu, sekarang saya menjadi pelanggan kanal video milik vokalis band tersebut, Erix Soekamti.

Terlebih setelah Erix membuat DOES alias Diary of Erix Soekamti, sebuah jurnal audio visual yang dia angkat dari kehidupannya sehari-hari sebagai seorang kepala keluarga, dari kesibukannya bersama Endank Soekamti dan para krunya, dari kegiatan-kegiatannya yang bersinggungan dengan sinematografi dan kesenian, dan dari ide-idenya yang seringkali seperti terlihat spontan saja.

Erix memulai DOES sebagai sebuah tantangan terhadap dirinya sendiri pada awal Agustus 2015: mampukah dirinya mendokumentasikan kehidupannya dan diunggah ke Youtube selama 30 hari berturut-turut?

Tentu banyak yang pesimis, tak terkecuali orang-orang terdekatnya. Bagaimana mungkin orang sesibuk Erix bisa membuat jurnal video setiap hari selama sebulan? Saya yakin Erix pun sebenarnya menyimpan keraguan yang sama pada awalnya.

Namun keraguan itu dijawab sendiri oleh Erix dengan menuntaskan 1 video setiap hari selama bulan Agustus yang lalu. One mission accomplished!

Lalu setelah itu apakah DOES pun tutup layar?

Erix memutuskan untuk melanjutkan DOES walaupun tidak dia unggah setiap hari. Para penikmat DOES pun lega. Dan cerita tentang Erix Soekamti beserta kehidupannya pun berlanjut.

Namun DOES tak melulu berkisah tentang hidup seorang Erix. Melalui DOES Erix banyak berbagi ilmu tentang banyak hal. Melalui DOES dia berbagi ide dengan para followernya di Youtube. Melalui DOES dan dukungan banyak pemirsa DOES, saat ini dia sedang merancang sebuah sekolah bakat bernama DOES University.

Bagi saya, yang dilakukan Erix adalah salah satu contoh bagaimana kita bisa memanfaatkan teknologi yang sekarang sudah ada dan begitu maju untuk kepentingan yang lebih besar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s