Membenci dan Membela

Sekarang ini, kita seperti ringan saja mau berkata buruk, mencela, menghina, mengolok-olok atau apapun istilahnya terhadap presiden kita sendiri. Bahkan tanpa takut dan malu, ekspresi-ekspresi negatif tersebut seringkali dituliskan melalui media sosial yang bisa diakses dan dibaca oleh jutaan orang, termasuk oleh presiden sendiri.

Mengritik pemimpin itu dibolehkan. Mengingatkan presiden di media sosial mestinya juga tak dilarang. Namun seringkali yang kita temui itu hanya ungkapan kebencian semata. Pokoknya apapun yang dilakukan oleh presiden pasti salah adanya. Bahkan kalau melakukan hal yang benar sekalipun, ada saja hal yang tetap bisa disalahkan dari hal yang benar tersebut. Luar biasa!

Sasaran para haters ini tak dialami oleh presiden saja kok. Ada gubernur kafir yang mengalami nasib serupa, padahal walaupun kafir seringkali perbuatannya justru lebih islami daripada yang menghujat beliau. Padahal apa yang sudah dilakukan oleh pak gubernur ini tentu sudah jauh lebih banyak dan lebih bermanfaat daripada orang-orang yang mencari-cari kesalahannya. Ya pokoknya sudah tidak suka saja, mau beliaunya melakukan hal yang mulia pun, pasti dianggap salah.

Di sisi lain, ada pula orang-orang yang membela membabi buta. Membela pak presiden mati-matian. Membela pak gubernur dengan segala daya pikir dan upaya. Walaupun tentu saja layaknya manusia biasa, para pemimpin bangsa itu pasti punya salah dan khilaf. Saat itulah mereka mestinya tetap perlu diingatkan, jangan dianggap selalu benar.

Orang-orang yang membela mati-matian dan orang-orang yang membenci membabi buta itu sama saja kualitasnya. Mereka membela dan membenci karena hawa nafsu, bukan karena kepentingan yang tinggi daripada itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s