The Magic of Reality

Beberapa waktu yang lalu saya membaca sebuah buku karangan Richard Dawkins berjudul The Magic of Reality: How We Know What’s Really True. Bagi yang belum kenal siapa Richard Dawkins ini, dia adalah seorang ahli ilmu hayat (biologist) berkebangsaan Inggris yang sudah menulis beberapa buku tentang ilmu pengetahuan dan sains. Dawkins juga terkenal sebagai penggiat atheism garis keras. 🙂

Nah, melalui buku yang satu ini, Dawkins mencoba “mengadu” antara mitos dan ilmu pengetahuan. Well, kalau dalam kacamata Dawkins, ajaran agama juga termasuk mitos karena tercipta tanpa alasan yang logis dan penjabaran yang ilmiah.

Dalam salah satu bab, Dawkins bertanya siapakah manusia yang pertama. Tentu sebagian orang akan menjawab bahwa manusia pertama adalah Adam. Dan tentu saja Dawkins mempunyai jawaban yang lain dengan penjelasan ilmiahnya.

Di bab-bab yang lain Dawkins membahas tentang malam dan siang, musim, matahari, pelangi, gempa bumi, DNA, ruang angkasa, benda-benda langit, atom, gaya gravitasi dan lain-lain. Setiap bab selalu dibahas dari mitos yang ada di dunia ini terhadap hal-hal tersebut, lalu kemudian penjelasannya dari sudut pandang sains.

Buku yang menarik untuk dibaca, tapi tentu saja akan cukup menantang keimanan karena seperti yang saya sebutkan di atas, Dawkins benar-benar “menghajar” mitos-mitos (termasuk ajaran agama-agama di dalamnya) dengan pendekatan sains.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s