Belajar Ukulele

Sudah sejak setahun yang lalu saya mulai belajar memainkan alat musik Ukulele. Saya tertarik memelajari instrumen berdawai ini karena menurut saya suaranya terdengar unik dan tampilannya pun cukup cool. 🙂

Awalnya saya mengira kord pada ukulele itu sama saja seperti pada gitar, hanya beda di jumlah senarnya saja.  Namun ternyata urutan tuning nada pada senarnya sedikit berbeda dibandingkan gitar dan akibatnya kord-kordnya juga berbeda. Jadi saya harus belajar dari awal lagi. 

Ukulele pertama yang saya beli mereknya Mahalo dan banyak dijual di toko buku Gramedia. Untuk pemula, ukulele ini sudah cukup mumpuni dan harganya pun tergolong murah. Ukulele Mahalo ini termasuk jenis soprano atau ukulele yang berukuran paling kecil. 

Setelah beberapa bulan menjajal ukulele Mahalo, saya mulai melirik jenis ukulele yang lebih besar, yaitu ukulele concert. Kali ini saya menemukan sebuah toko online khusus ukulele dari Jogja, namanya Pelem Ukulele. Mereka menawarkan ukulele custom buatan tangan. Kita bisa memilih jenis kayu, warna dan tulisan/gambar yang bisa diukir pada bagian tertentu pada badan ukulelenya. Harganya pun cukup kompetitif. Ukulele buatan Pelem inilah yang saya bawa ke Qatar sebagai pembunuh sepi. 

Beberapa minggu yang lalu, saya membeli sebuah ukulele lagi dan kali ini yang berukuran lebih besar lagi atau disebut juga sebagai tenor ukulele. Mereknya Kala dan saya beli di Amazon. Harganya saat itu sedang didiskon menjadi sekitar $85 saja. Saya memilih ukelele tersebut karena hasil review yang cukup baik di Amazon. 

Dari ketiga ukulele tersebut, ukulele Kala adalah yang paling asyik buat dimainkan. Suaranya paling jernih dan nyaring. Senar-senarnya terasa lebih empuk saat ditekan.

Biasanya saya belajar dari tutorial yang banyak terdapat di Youtube, mulai dari pelajaran dasar kord, strumming (cara mengenjreng) hingga cara memainkan sebuah lagu. Komplit! 

Happy strumming!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s