Inilah 5 Perbedaan antara Breaking Bad dan Narcos

Bagi yang belum menonton, spoiler alert ya! 🙂

Saya baru saja selesai menonton 2 season Narcos, serial besutan Netflix yang dibuat berdasarkan kisah nyata seorang bandar narkoba kelas kakap dari Kolombia, Pablo Escobar. Ceritanya mengingatkan saya kepada sebuah serial lain yang juga bertemakan obat terlarang, yaitu Breaking Bad. 

Dalam beberapa hal, kedua serial ini memang agak mirip: banyak adegan kekerasan dan pertumpahan darah, perseteruan antar kelompok, perburuan oleh pihak berwajib, faktor keluarga yang menonjol, dan beberapa hal lainnya. Mungkin kesamaan-kesamaan itulah yang membuat saya suka dengan serial Narcos, sebagaimana saya menikmati Breaking Bad. 

Selain kemiripan, kedua serial tersebut juga memiliki beberapa perbedaan. Berikut 5 di antaranya:

  1. Fiction vs true story. Jika Breaking Bad adalah kisah rekaan alias fiksi, Narcos dibuat berdasarkan kisah nyata di Kolombia yang pada saat itu (sekitar tahun 80-an hingga pertengahan 90-an) memang dikuasai oleh kartel-kartel narkoba seperti Pablo Escobar. Kedua season pertama Narcos memang berpusat pada kehidupan Pablo Escobar hingga akhirnya dirinya tewas diterjang timah panas, namun kabarnya untuk season berikutnya, isi cerita akan berfokus kepada kartel lain yang masih berkuasa. 
  2. Meth vs cocaine. Kalau Walter White (Breaking Bad) meracik dan mendapatkan uang dari Meth (methamphetamine), maka Pablo Escobar mendapatkan banyak sekali uang dari hasil penyelundupan Cocaine dari Kolombia ke Amerika Serikat.
  3. New Mexico vs Colombia. Serial Breaking Bad mengambil setting di kota Albuquerque, negara bagian New Mexico, Amerika Serikat. Sedangkan Narcos berlatar belakang di negara Kolombia yang terletak di Amerika Selatan. Setidaknya ada 3 kota di Kolombia yang dipakai sebagai latar belakang cerita: Bogota, Medellin dan Cali.
  4. Teacher vs criminal. Dalam serial Breaking Bad, tokoh utamanya, Walter White, awalnya ada seorang guru kimia di sebuah SMA yang terdiagnosa kanker paru-paru stadium III. Dia lantas membuat dan menjual meth dengan tujuan agar bisa mengumpulkan dan meninggalkan cukup uang untuk keluarganya apabila dia mati. Dari sinilah baru kemudian Walter White terjerumus dalam kriminalitas. Lain halnya dengan Pablo Escobar dan kartel-kartel narkoba di Kolombia lainnya yang kebanyaknya memang aslinya adalah penjahat atau kriminal sebelum mereka terjun ke bisnis obat terlarang. 
  5. AMC vs Netflix. Breaking Bad adalah serial yang pertama kali disiarkan tahun 2008 oleh AMC, sebuah stasiun televisi kabel dan satelit yang khusus menyiarkan film. Sedangkan Narcos disiarkan secara eksklusif oleh Netflix sejak Agustus 2015. Saat ini kita juga bisa menonton seluruh episode Breaking Bad di Netflix.

Hingga tulisan ini dibuat, Narcos rencananya akan dirilis untuk season 3 dan 4 oleh Netflix. Menarik juga dinantikan bagaimana jalan ceritanya nanti mengingat tokoh Pablo Escobar tidak akan muncul lagi di season yang akan datang. Apalagi aktor yang memerankan Escobar, Wagner Moura, bermain sangat bagus dan menjadikan karakter Pablo Escobar begitu kuat dalam 2 season pertama Narcos. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s